7 WNA Jamaah Ijtima Dunia Kembali ke Asalnya, 429 Masih Tunggu Jadwal


Sabtu, 21 Maret 2020 - 01:20:55 WIB
7 WNA Jamaah Ijtima Dunia Kembali ke Asalnya, 429 Masih Tunggu Jadwal Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati).

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono menyebut setidaknya tujuh orang warga negara asing (WNA) jamaah Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan sudah kembali ke negaranya. Meski ditunda, namun ijtima itu sempat menjadi sorotan di tengah wabah virus corona di Indonesia.

"Jamaah luar negeri 7 orang sudah kembali menggunakan pesawat udara. Sisanya masing menunggu waktu keberangkatan," kata Argo melalui keterangan resmi, Jumat (20/3).

Argo tak merinci negara mana saja asal tujuh WNA tersebut. Argo mengatakan sebagian besar jamaah yang berasal dari dalam negeri sudah kembali ke tempat asalnya menggunakan jalur laut dan darat.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Ibrahim Tompo menerangkan masih terdapat ratusan WNA jamaah Ijtima Dunia yang berada di Indonesia. Mereka masih menunggu waktu keberangkatan sesuai tiket pesawat masing-masing.

"WNA masih ada 429 menunggu jadwal di tiket," kata Tompo, dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (21/3/2020).

Ia menjelaskan saat ini seluruh jamaah sudah dipindahkan dari lokasi semula. Meski tak merinci, namun Tompo menjelaskan para WNA tersebut berada di tempat khusus.

"Sudah dipindahkan dari lokasi sejak kemarin. Disiapkan tempat khusus, agar tidak membaur dengan masyarakat setempat," katanya.

Meski ditunda, sedikitnya 6.000 peserta Ijtima Dunia diketahui sudah tiba di lokasi acara, yakni di kompleks Pesantren Darul Ulum, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Acara ini rencananya digelar pada 19-22 Maret.

Ijtima Dunia 2020 Zona Asia sendiri sudah digelar di Sri Petaling, Malaysia, 28 Februari-1 Maret lalu. Dalam Tabligh Akbar tersebut, sedikitnya 696 WNI menjadi peserta.

Setelah acara di Sri Petaling, Pemerintah Malaysia kemudian mengumumkan ada 117 kasus baru positif corona, 80 di antaranya terkait klaster Tabligh Akbar Sri Petaling. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM