Duh! Pasien Positif Corona di Kepri Jadi 4 Orang


Sabtu, 21 Maret 2020 - 02:15:37 WIB
Duh! Pasien Positif Corona di Kepri Jadi 4 Orang Foto: Wali Kota Batam, HM Rudi, saat menyampaikan informasi terbaru terkait pasien positif Corona (Agus Siagian/detikcom)

BATAM, HARIANHALUAN.COM -- Jumlah pasien yang dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), bertambah satu orang. Pasien tersebut ialah pria yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

"Kita menyampaikan hari ini tambah satu orang terkonfirmasi COVID-19 berjenis kelamin laki-laki berusia 32 tahun," ujar Wali Kota Batam, HM Rudi, yang didampingi Kadis Kesehatan Kota Batam Didi, dikutip dari detik.com, Jumat (20/3/2020).

Berdasarkan penelusuran, pasien itu merupakan pendatang dari daerah lain. Dia berkunjung ke Kepri untuk transit.

"Pria tersebut memiliki riwayat perjalanan dari asalnya ke Malaysia pada tanggal 26 Februari sampai 1 Maret 2020, selanjutnya ke Paris sampai 12 Maret, kemudian selama di Paris kontak dengan kawannya yang demam pilek dan batuk," jelas HM Rudi.

Selanjutnya pada tanggal 12 Maret yang bersangkutan dari Paris kembali ke Singapura dengan penerbangan. Tiba di Bandara Changi Singapura pada Jumat (13/3), kemudian menumpang kapal feri tujuan Batam sekitar pukul 18.30 WIB.

Berdasarkan pemeriksaan Dinas Kesehatan Batam, pria itu mengaku saat di Paris sudah tidak enak badan dan batuk. Tiba di Batam langsung melakukan pengecekan kesehatan di salah satu rumah sakit di Batam. Hasil pemeriksaan, mengarah pada suspect virus Corona.

Hingga akhirnya pihak Dinas Kesehatan Batam langsung melakukan pengambilan sampel untuk dikirim ke Kementerian Kesehatan RI.

"Hasil pemeriksaan yang dilakukan tim analisis kesehatan langsung dikirim ke Kemenkes,Hasilnya sudah kita terima hari ini dan dinyatakan pria tersebut positif virus corona"kata Rudi.

Sebagai tindak lanjut atas laporan hasil pemeriksaan sedang dilakukan proses pemeriksaan terhadap yang kontak dengan pasien tersebut sebanyak 131 orang.

"Hasil pemeriksaan ada 131 yang kontak dengan pasien, di antaranya ada lima orang kru kapal, penumpang, dan sopir taksi dan petugas dari hotel," imbuhnya.

Diketahui, per hari ini ada 4 pasien positif Corona di Kepri. Mereka ada dua di Batam, 1 pasien di Karimun, dan 1 pasien di Pinang. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 11:23:01 WIB

    Waduh! Banyak Warga Jabodetabek Nyolong Start Mudik

    Waduh! Banyak Warga Jabodetabek Nyolong Start Mudik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Perhubungan mengakui bahwa beberapa masyarakat di daerah sudah banyak yang colong start untuk melakukan mudik. Padahal, opsi pelarangan mudik demi cegah penyebaran virus corona sedang d.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 12:55:18 WIB

    Waduh! Pembiayaan Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan?

    Waduh! Pembiayaan Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - BPJS Kesehatan mengaku siap menjamin biaya pelayanan kesehatan untuk pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Namun, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengatakan kesiapan tersebut.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 06:20:58 WIB

    Waduh! Mudik Lebaran Bisa Dilarang Demi Cegah Corona

    Waduh! Mudik Lebaran Bisa Dilarang Demi Cegah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla mengatakan pemerintah berwenang melakukan tindakan tegas mencegah penyebaran virus corona, salah satunya melarang kegiatan mudik yang biasa dila.
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 11:09:40 WIB

    Waduh! Ketua KPK Firli Bahuri Didesak Mundur

    Waduh! Ketua KPK Firli Bahuri Didesak Mundur JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mundur. Firli dinilai gagal membangun komitmen pemberantasan korupsi usai tak mampu menangkap buron a.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 07:17:25 WIB

    Waduh! Ternyata Ada Anggota DPR Sudah 6 Bulan Tak Punya Kantor

    Waduh! Ternyata Ada Anggota DPR Sudah 6 Bulan Tak Punya Kantor JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Proyek renovasi ruangan anggota DPR menjadi sorotan. Pasalnya, masih ada beberapa ruangan anggota DPR yang belum selesai hingga kini. Artinya, sejak dilantik Oktober 2019 hingga Maret 2020 (6 bula.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM