Tetap Waspada Ya! Ini 5 Tanda Imun Tubuh Melemah


Sabtu, 21 Maret 2020 - 05:23:48 WIB
Tetap Waspada Ya! Ini 5 Tanda Imun Tubuh Melemah Ilustrasi stres/sakit kepala/pusing.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah pandemi COVID-19 yang semakin banyak memakan korban dan belum ada vaksin yang ampuh untuk menyembuhkan, maka sistem imun atau daya tahan tubuh menjadi satu-satunya 'penyelamat' dalam keadaan genting seperti sekarang. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola hidup sehat dan memperhatikan daya tahan tubuh.

Lalu, bagaimana caranya kita tahu bahwa sistem imun tubuh kita sedang dalam keadaan yang tidak baik? Berikut ini adalah 5 tanda bahwa sistem imun tubuhmu sedang melemah. 

Stres Berkepanjangan

Stres merupakan bentuk pertahanan kita terhadap lingkungan. Tubuh kita akan mengeluarkan perpaduan hormon yang kompleks, seperti adrenalin, kortisol, dan norepinephrine sebagai reaksi atas sesuatu. Ini akan mengakibatkan beberapa hal, seperti naiknya volume aliran darah ke otot ataupun sistem pencernaan yang terhambat. 

Ketika hormon stres terus-menerus dikeluarkan, maka tubuh kita menjadi ikut terdampak. Ini akan memengaruhi cara kerja sistem imun yang dapat berakibat pada beberapa gangguan, seperti peradangan, berkurangnya sel darah putih, jaringan yang rusak, dan risiko terpapar infeksi yang semakin tinggi. 

Mudah Lelah

Ketika kamu bangun tidur dan merasa lelah secara terus-menerus, kamu perlu waspada. Karena, ini dapat berarti bahwa sistem imun kamu sedang melemah. Ketika sistem imun kamu tidak bekerja dengan baik, tubuhmu akan bekerja ekstra untuk memerangi bakteri maupun parasit. Hal inilah yang menyebabkan kamu menjadi mudah lelah.

Mudah Demam

Sesekali demam, mungkin wajar. Tetapi, kalau kamu demam dalam waktu yang lama dan lumayan sering, itu tandanya sistem imun kamu sedang membutuhkan pertolongan. Bayangkan sistem imun kamu adalah benteng pertahanan terdepan untuk menangkal segala macam penyakit. Ketika benteng ini 'rusak', maka tubuh kamu dalam keadaan bahaya. Apalagi, demam dan influenza sangat rentan untuk menjangkit siapa saja.

Jika kamu mengalami ini, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter secepatnya. Karena tidak tertutup kemungkinan jika ini merupakan gejala penyakit lain yang lebih serius. 

Luka Tak Kunjung Sembuh

Jika kamu merasa bahwa luka di kulitmu tak kunjung sembuh, maka ini merupakan pertanda bahwa sistem imun kamu lamban. Imun yang sehat akan membantu kemampuan kulitmu dalam memerangi bakteri dan mengurangi risiko infeksi. Jika sistem imun kamu lemah, maka kesembuhan juga akan memakan waktu yang lebih lama. 

Masalah Perut

Usus memiliki bakteria tertentu yang berguna untuk tubuh. Ketika bakteria ini ada dalam jumlah yang cukup, maka sistem imun kamu pun akan baik-baik saja. Sebaliknya, jika bakteria dalam kondisi yang tidak terkontrol, maka sistem imun kamu pun akan bermasalah. Oleh karena itu, diare, mual, dan infeksi saluran pencernaan adalah tanda bahwa sistem imun kamu sedang terganggu. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Maret 2020 - 21:42:04 WIB

    Tips Bercinta agar Pasutri Tetap Aman di Masa Pandemi Corona

    Tips Bercinta agar Pasutri Tetap Aman di Masa Pandemi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus corona baru COVID-19 dengan cepat menyebar di seluruh dunia. Sebagai langkah pencegahan, masyarakat di Amerika Serikat, dan juga di negara-negara lain termasuk di Tanah Air disarankan melakuk.
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 05:57:13 WIB

    WHO Tetapkan Virus Corona sebagai Pandemi, Ini Artinya

    WHO Tetapkan Virus Corona sebagai Pandemi, Ini Artinya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi kesehatan dunia WHO resmi menyatakan virus corona COVID-19 sebagai pandemi. Dalam dua pekan terakhir, terjadi peningkatan jumlah kasus di luar China hingga 13 kali lipat dengan jumlah ne.
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 01:52:35 WIB

    WHO Tetapkan Covid-19 Sebagai Nama Resmi Virus Corona

    WHO Tetapkan Covid-19  Sebagai Nama Resmi Virus Corona GENEVA,HARIANHALUAN.COM- Organisasi Kesehatan Dunia, WHO  menetapan   Covid-19 sebagai nama  resmi virus Corona..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM