UAS Bersuara Soal Fatwa MUI tentang Salat di Rumah Akibat Pandemi Corona


Sabtu, 21 Maret 2020 - 07:14:28 WIB
UAS Bersuara Soal Fatwa MUI tentang Salat di Rumah Akibat Pandemi Corona Ustaz Abdul Somad

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kini giliran Ustaz Abdul Somad (UAS) bersuara soal fatwa MUI terkait salat di rumah akibat pandemi Corona. Apa katanya?

Jawab kerisauan sebagian orang, UAS mengatakan ada orang-orang yang bertanya alasan masjid ditutup saat pandemi virus Corona namun mal tetap dibuka. Di saat yang sama, bandara hingga bioskop tetap beroperasi.

"Bahwa ada sebagian orang mengatakan risau 'kenapa masjid ditutup, kenapa mal tidak. Kenapa masjid ditutup, kenapa airport tidak. Kenapa masjid ditutup, kenapa bioskop tidak'," kata UAS dalam video yang diunggahnya di Instagram.

"Itu tidak serta merta lalu kita berkata 'kalau gitu masjid jangan ditutup'. Yang tepat itu tidak begitu. Tidak berkerumun di masjid juga tidak berkerumun di mal," sambungnya.

UAS mengatakan jangan sampai seseorang tidak salat berjemaah di masjid dengan alasan takut tetular virus Corona namun malah jalan-jalan di mal.

Dia juga bicara soal fatwa MUI tentang salat di rumah saat pandemi Corona. MUI sebelumnya membuat fatwa bahwa orang yang sudah terpapar virus Corona serta yang berada di kawasan dengan penularan tinggi boleh salat di rumah masing-masing.

UAS percaya dengan MUI. Dia juga mengikuti sikap ulama-ulama Mesir soal salat di rumah.

"Saya percaya kepada Majelis Ulama Indonesia dan khusus Mesir, karena saya alumni Al-Azhar," ujarnya.

"Saya sebagai orang awam yang tidak berilmu ikut ulama-ulama dan guru guru kami di Al Azhar yang sudah mengeluarkan keputusan pada tanggal 15 Maret 2020 tentang gugurnya salat Jumat dan salat fardu," tutur UAS.

Dia membandingkan jumlah korban akibat virus Corona di Indonesia dan Mesir. Jumlah korban di Mesir rendah.

"Perlu kita pahami bahwa korban akibat virus corona di Mesir jauh di bawah Indonesia. Coba lihat pengumuman, paling tinggi jauh di atas Cina, setelah itu Italia, setelah itu Iran, kita (Indonesia). Mesir jauh di bawah. Oleh sebab itu Mesir saja langkahnya begitu, apalagi kita. Wallahualam," pungkasnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 April 2020 - 01:11:50 WIB

    Virus Corona Meluas, Fadli Zon Sebut Jokowi Harusnya Dikelilingi Ahli

    Virus Corona Meluas, Fadli Zon Sebut Jokowi Harusnya Dikelilingi Ahli JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai Presiden Joko Widodo atau Jokowi semestinya dikelilingi ahli yang kompeten dalam menghadapi wabah virus corona atau Covid-19..
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 12:14:01 WIB

    Begini Kesaksian WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Lalu Diobservasi di Natuna

    Begini Kesaksian WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Lalu Diobservasi di Natuna JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di awal-awal penyebaran virus Corona (COVID-19) dari Wuhan, China, pemerintah Indonesia masih memantau perkembangan situasi lantaran adanya ratusan warga negara Indonesia (WNI) di sana. Sampai pada.
  • Selasa, 10 Maret 2020 - 19:35:56 WIB

    Nekat..! Tim Evakuasi Virus Corona Gunakan Jas Hujan

    Nekat..! Tim Evakuasi Virus Corona Gunakan Jas Hujan BANDUNG, HARIANHALUAN.COM – Terbatasnya alat perlindungan diri memaksa petugas medis yang melakukan penanganan terhadap orang dengan pemantauan (ODP) virus corona di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terpaksa menggunakan jas hu.
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 18:41:06 WIB

    Muhammadiyah: Awal Puasa Ramadan Jatuh pada 24 April 2020

    Muhammadiyah: Awal Puasa Ramadan Jatuh pada 24 April 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan awal puasa 1 Ramadhan 1441 hijriah jatuh pada tanggal 24 April 2020. Keputusan ini disampaikan melalui Maklumat PP Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2020 .
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 14:22:53 WIB

    Marak Panic Buying, HIPMI: Jadi Titik Evaluasi Produksi dan Distribusi

    Marak Panic Buying, HIPMI: Jadi Titik Evaluasi Produksi dan Distribusi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Eka Sastra menilai adanya wabah virus Corona bisa menjadi titik poin evaluasi tata produksi dan distribusi di Indonesia. Sebab dalam sisi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM