Waspadai Diare, Jangan-jangan Anda Terinfeksi Corona


Sabtu, 21 Maret 2020 - 07:39:41 WIB
Waspadai Diare, Jangan-jangan Anda Terinfeksi Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Infeksi virus corona COVID-19 selama ini banyak dikaitkan dengan gejala khas demam, batuk, dan sesak napas. Penelitian terbaru mengungkap, diare juga banyak dikeluhkan pasien corona.

Penelitian terhadap 204 pasien di Wuhan, ground zero wabah COVID-19 yang memicu pandemi saat ini, menemukan bahwa 99 pasien atau 48,5 persen masuk rumah sakit dengan masalah pencernaan. Sebelumnya mereka tidak punya riwayat sakit perut.

Keluhan yang banyak dilaporkan adalah sebagai berikut:

Hilangnya nafsu makan 83 persen
Diare 29 persen
Muntah 0,8 persen
Nyeri lambung 0,4 persen.
Sebagian besar di antaranya disertai masalah pernapasan seperti batuk kering dan susah bernapas. Namun 7 pasien dilaporkan hanya mengeluh sakit perut.

Riset ini juga mengungkap, pasien COVID-19 dengan masalah pencernaan cenderung lebih lama mencari pertolongan ke rumah sakit. Dikutip dari CBSnews, butuh rata-rata 9 hari untuk datang ke rumah sakit, dibandingkan hanya 7,3 hari pada pasien yang mengeluhkan masalah pernapasan.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 14:44:46 WIB

    BAB Anda Mengapung? Waspadai 3 Gangguan Kesehatan Ini

    BAB Anda Mengapung? Waspadai 3 Gangguan Kesehatan Ini KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Walaupun memang tak semua orang memerhatikan fesesnya saat buang air besar, namun jika kamu adalah yang sempat melihat fesesmu sebelum diguyur dan dalam kondisi mengapung, bisa jadi artinya tubuh.
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 17:47:51 WIB

    Sejumlah Korban Banjir Meninggal karena Hipotermia, Waspadai Gejalanya!

    Sejumlah Korban Banjir Meninggal karena Hipotermia, Waspadai Gejalanya! HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan bencana banjir yang melanda Jabodetabek telah menelan 43 korban jiwa meninggal dunia per Jumat (3/1) pukul 09.00 WIB. Menurut catatan, seba.
  • Ahad, 05 Januari 2020 - 14:21:58 WIB

    BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem  di Indonesia Sepekan Kedepan

    BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem  di Indonesia Sepekan Kedepan JAKARTA,HARIANHAUAN.COM-Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) meperkirakan cuaca ekstrem dan hujan lebat mengguyur sejumlah wilayah Indonesia sepekan ke depan. .
  • Selasa, 24 Desember 2019 - 18:20:52 WIB

    Diwaspadai Menjelang Natal, Apa Itu Flu Babi Afrika?

    Diwaspadai Menjelang Natal, Apa Itu Flu Babi Afrika? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Pangan Dunia (FAO) menyebut bahwa flu babi Afrika atau yang disebut African swine fever (ASF) mulai mewabah di Indonesia. ASF ini disinyalir menyerang ternak babi di Provinsi Sumatera Ut.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM