Hati-Hati! Makanan Enak Ini Malah Buat Imunitas Tubuh Anda Melemah


Sabtu, 21 Maret 2020 - 09:34:21 WIB
Hati-Hati! Makanan Enak Ini Malah Buat Imunitas Tubuh Anda Melemah Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHAALUAN.COM - Salah satu cara agar selamat dari virus Corona COVID-19 adalah dengan meningkatkan imunitas kita. Imunitas memang didapat dengan gaya hidup sehat dan makanan yang bergizi.

Tapi, tidak semua makanan loh menambah imunitas tubuh, faktanya para peneliti dari Universitas Bonn menemukan, sistem kekebalan tubuh merespons makanan cepat saji dengan cara yang sama, yakni seperti bereaksi terhadap infeksi bakteri atau virus.

Terlebih lagi, dampaknya dalam jangka panjang dengan klaim studi tersebut yakni, makanan cepat saji bisa merusak metabolisme.

"Temuan ini memiliki relevansi sosial yang penting," kata Dr Eicke Latz yang juga Direktur Institute for Inn Immunity of University of Bonn, seperti dilansir dari Newsmax.

Itu sebuah fenomena jangka panjang yang mereka sebut sebagai kekebalan bawaan.

Latz menjelaskan, para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa sistem kekebalan tubuh atau imunitas memiliki bentuk memori. Itu sebuah fenomena jangka panjang yang mereka sebut sebagai kekebalan bawaan.

"Setelah infeksi, pertahanan tubuh tetap dalam keadaan alarm, sehingga mereka bisa merespons lebih cepat serangan baru," imbuhnya.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus, menemukan bahwa proses yang sama dipicu oleh diet yang tidak sehat, melepaskan sedikit efek biologis yang menyebabkan penyakit kronis. Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Cell menjelaskan mengapa makanan cepat saji dikaitkan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, obesitas, serta penyakit kronis lain.

Penelitian Boon melibatkan ilmuwan dari Belanda, Amerika Serikat, dan Norwegia. Tikus tersebut diberi makanan yang tidak sehat, tinggi lemak jenuh, gula dan garam. Sementara makanan tersebut tanpa buah segar, sayuran, dan makanan berserat lainnya.

Para periset mencatat, bahwa diet yang tidak sehat menyebabkan peningkatan jumlah sel imun dalam darah tikus. Ini sangat tidak diduga sebelumnya. Peneliti mengatakan, makanan tersebut merangsang respons inflamasi akut dan mengubah gen, yang bertanggung jawab atas proliferasi sel kekebalan tubuh.

Hal yang paling mengejutkan, pemrograman ulang genetik yang terkait dengan junk food tetap ada pada hewan pengerat. Bahkan, setelah para peneliti mengembalikannya ke makanan sereal yang diberikan selama empat minggu lagi.

"Dalam beberapa abad terakhir, harapan hidup rata-rata terus meningkat di negara-negara Barat. Tren ini saat ini sedang kacau untuk pertama kalinya," terangnya. (*)
 

 Sumber : okezone /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 20:47:08 WIB

    Hati-hati! Virus Corona Hidup di Darah Pasiennya Meski Sudah Meninggal

    Hati-hati! Virus Corona Hidup di Darah Pasiennya Meski Sudah Meninggal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penderita virus corona COVID-19 semakin meningkat setiap harinya, pun demikian dengan mereka yang meninggal. Oleh karena itu, Kementerian Agama pun meminta jenazah mereka harus diperlakukan secara .
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 21:52:35 WIB

    Hati-hati! Benda Ini Bisa Jadi Pembawa Virus Corona

    Hati-hati! Benda Ini Bisa Jadi Pembawa Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Virus corona atau COVID-19telah menginfeksi banyak orang di dunia. Dilansir dari Boldsky.com, meskipun membatasi diri dari interaksi agar terhindar dari COVID-19, individu tetap harus berhati-ha.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 15:35:35 WIB

    Hati-hati! Virus Corona Bertahan Paling Lama di Permukaan Plastik, Ini Hasil Riset

    Hati-hati! Virus Corona Bertahan Paling Lama di Permukaan Plastik, Ini Hasil Riset JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tahukah kamu bahwa virus Corona bisa bertahan hingga beberapa hari di permukaan suatu benda? Pertahanan virus Corona di permukaan suatu benda tidak selalu sama, tergantung pada benda apa yang terpa.
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 07:57:05 WIB

    Hati-hati! Virus Corona Bisa Bertahan Lama di Uang Kertas

    Hati-hati! Virus Corona Bisa Bertahan Lama di Uang Kertas HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa virus corona baru atau COVID-19 bisa bertahan pada uang kertas selama beberapa hari dan menularkan kepada manusia..
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 03:14:28 WIB

    Hati-hati! Pria Sepertinya Lebih Rentan Terhadap Virus Covid-19

    Hati-hati! Pria Sepertinya Lebih Rentan Terhadap Virus Covid-19 HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Wabah virus corona atau yang sekarang memiliki nama resmi COVID-19 belum berhenti menginfeksi banyak orang. Para ilmuwan sendiri percaya bahwa pria bisa lebih rentan terhadap virus corona..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM