Berminat Mendaftar? Ini Skema Mendapatkan Kartu Prakerja


Sabtu, 21 Maret 2020 - 13:34:11 WIB
Berminat Mendaftar? Ini Skema Mendapatkan Kartu Prakerja ilustrasi kartu prakerja

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Skema Kartu Prakerja sangat mudah untuk diikuti. Setiap WNI di atas 18 tahun bisa mendaftarkan diri secara online di situs Kartu Prakerja. Kemudian, mereka bisa memilih berbagai jenis pelatihan melalui platform digital mitra resmi pemerintah. Selain dapat diakses pada www.prakerja.go.id. 

Informasi mengenai Kartu Prakerja dan pelatihan yang tersedia juga dapat diakses melalui delapan platform digital milik mitra resmi Pemerintah. Registrasi untuk Kartu Prakerja baru akan dibuka pada awal April 2020. Terdapat dua jenis pelatihan yang diberikan, yaitu daring (online) maupun tatap muka (offline). Juga ada pilihan program pelatihan 3-in-1 (three in one) yaitu pelatihan, sertifikasi, dan penempatan yang tepat untuk pencari kerja.

Untuk setiap jenis program, Pemerintah bersama platform digital menyeleksi lembaga pelatihan yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Para penyedia pelatihan dalam program Kartu Prakerja termasuk lembaga pelatihan swasta, lembaga pelatihan pemerintah, training center industri, universitas dan institusi pendidikan vokasi.

Melalui Kartu Prakerja, Pemerintah memberikan bantuan biaya pelatihan hingga Rp7 juta per peserta sekali seumur hidup. Pemerintah akan membayarkan biaya pelatihan itu langsung kepada lembaga pelatihan melalui platform digital. Program ini berjalan sesuai janji Presiden RI Joko Widodo untuk mengurangi jumlah pengangguran. 

Saat ini, dari sekitar 7 juta penduduk Indonesia yang menganggur, ada sejumlah 3,7 juta yang berusia 18-24 tahun. Pengangguran muda ini sebanyak 64 persen tinggal di perkotaan, 78 persen berpendidikan SMA ke atas. Masalah terbesar yakni sekitar 90 persen dari mereka tidak pernah mengikuti pelatihan bersertifikasi. (*)

loading...
 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 Juli 2020 - 06:33:49 WIB

    Berminat Jadi Kades? Intip Dulu Gajinya

    Berminat Jadi Kades? Intip Dulu Gajinya HARIANHALUAN.COM - Menjadi kepala desa atau kades masih menjadi primadona sebagian orang. Lantaran, posisi ini dianggap mentereng di tingkat desa. Maka tak heran antusiasme masyarakat masih tinggi saat Pilkades di sejumlah da.
  • Senin, 20 Januari 2020 - 12:08:54 WIB

    Wah, Menteri Teten Cari Ahli Koperasi dan UKM, Anda Berminat?

    Wah, Menteri Teten Cari Ahli Koperasi dan UKM, Anda Berminat? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Koperasi dan UKM open recruitment untuk mengisi tiga jabatan eselon I yakni Deputi bidang Pembiayaan, Deputi bidang Restrukturisasi Usaha, dan Deputi bidang Pengawasan..
  • Kamis, 16 Januari 2020 - 18:49:35 WIB

    Berminat..? Perum Damri Lagi Buka Lowongan Nih!

    Berminat..? Perum Damri Lagi Buka Lowongan Nih! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada lagi nih Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang buka lowongan kerja. Kali ini Perum Damri butuh pegawai baru..
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 20:12:56 WIB

    Telkom Group Buka Lowongan Kerja Terbaru, Berminat?

    Telkom Group Buka Lowongan Kerja Terbaru, Berminat? Kabar gembira bagi Anda yang berminat berkarier di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pasalnya, Telkom Group kembali membuka lowongan kerja terbaru. Kali ini, Telkom Group membuka lowongan kerja untuk tujuh posisi sekaligus.
  • Jumat, 27 Desember 2019 - 08:51:58 WIB

    Yusril Tak Berminat Jadi Wakil Kepala Staf Kepresidenan

    Yusril Tak Berminat Jadi Wakil Kepala Staf Kepresidenan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra membantah kabar dirinya ditunjuk menjadi wakil kepala staf kepresidenan Kantor Staf Presiden (KSP). ia mengaku tak berminat menjadi orang .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]