Ingat! PNS Kerja dari Rumah, Bukan Libur


Sabtu, 21 Maret 2020 - 18:58:53 WIB
Ingat! PNS Kerja dari Rumah, Bukan Libur Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penyebaran virus corona (COVID-19) yang terjadi di Indonesia membuat pemerintah banyak mengambil keputusan. Salah satunya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo resmi mengumumkan bahwa aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) akan melaksanakan kerja dari rumah (work from home).

Keputusan tersebut diambil guna meminimalisir penyebaran COVID-19 di Indonesia.

"Berkaitan dengan ketentuan penyesuaian sistem kerja di mana ASN di lingkungan instansi pemerintah dapat menjalankan tugas kedinasan di rumah atau di tempat tinggalnya," kata Tjahjo dikutip dari detikcom, Senin (16/3/2020).

Dalam pelaksanaannya, Tjahjo mengeluarkan surat edaran kepada instansi pemerintah baik di tingkat pusat meliputi kementerian/lembaga (K/L), hingga pemerintah daerah (pemda).

"Surat edaran ini sebagaimana pedoman bagi instansi pemerintah daerah untuk pelaksanaan tugas kedinasan yang berkait dengan ASN untuk kerja di rumah bagi ASN dalam upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran Covid-19," lanjutnya.

Selain untuk meminimalisir penularan Covid-19, ada dua arahan lainnya terkait keputusan pemerintah pusat mempekerjakan ASN dari rumah.

"Kedua, memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi di masing-masing instansi pemerintah agar berjalan efektif di tiap unit organisasi pada instansi pemerintah. Ketiga, memastikan pelaksanaan pelayanan publik di instansi pemerintah itu dapat berjalan dengan baik," tambahnya. (h/*)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 12:14:51 WIB

    Ingat! Mudik Gratis BUMN Batal, Dana Dialihkan untuk Corona

    Ingat! Mudik Gratis BUMN Batal, Dana Dialihkan untuk Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membatalkan seluruh kegiatan mudik gratis tahun ini yang kerap dilakukan oleh perusahaan pelat merah jelang Lebaran..
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 20:37:54 WIB

    Ingat! Jangan Anggap Enteng di Luar Rumah Saat Wabah Corona

    Ingat! Jangan Anggap Enteng di Luar Rumah Saat Wabah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan Jakarta sebagai tanggap darurat bencana wabah COVID-19 atau Corona. Anies meminta warga menjaga jarak dan tidak menganggap enteng dengan berada di lua.
  • Senin, 09 Maret 2020 - 02:01:49 WIB

    Ingat! Ini Tiga Efek Penggunaan Hand Sanitizer Berlebihan

    Ingat! Ini Tiga Efek Penggunaan Hand Sanitizer Berlebihan HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Selain masker, hand sanitizer menjadi barang langka sejak masuknya virus corona di Indonesia. Menjaga kebersihan diri, terutama kebersihan tangan, memang menjadi salah satu cara untuk menjaga daya .
  • Senin, 04 November 2019 - 11:56:02 WIB

    Ingat! Daftar CPNS 11 November, Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

    Ingat! Daftar CPNS 11 November, Ini Dokumen yang Harus Disiapkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dimulai pada 11 November 2019. Sejumlah dokumen harus disiapkan untuk seleksi CPNS. Hal ini diberitahukan kepada seluruh agar nanti pada hari pendafta.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM