SDN 01 Pakan Rabaa Genjot Kesiapan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi


Sabtu, 21 Maret 2020 - 19:49:16 WIB
SDN 01 Pakan Rabaa Genjot Kesiapan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Wali murid bersama guru dan Kepala SDN 01 Pakan Rabaa saat membuat taman toga dari bambu. Foto/Jefli

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Partisipasi dan kepedulian wali murid dalam upaya menyonsong Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh tampil di kancah Sumbar mewakili Solok Selatan (Solsel) dalam lomba Sekolah sehat patut diacungi jempol.

Pasalnya, rasa solidaritas itu tampak ketika para wali murid berdatangan untuk membuat taman-taman yang akan ditanami jenis obat keluarga dibelakang sekolah pada Sabtu (21/3/2020). Diantara mereka ada yang datang membawa bibit tanaman obat keluarga (toga) dan ada juga yang membawa pupuk dan bambu.

"Kami bersemangat kerena ingin SDN 01 Pakan Rabaa terlihat asri, bagus dan menjadi sekolah yang sehat. Sehingga, anak-anak kami belajar nyaman dan bisa berprestasi," ujar Yelmanita, salah seorang Walimurid SDN 01 Pakan Rabaa pada Harianhaluan.com

Menurutnya, bentuk kepedulian dan kebersamaan itu murni hadir tanpa adanya paksaan dari pihak sekolah. "Yah, zaman sekarang dipaksa-paksa mana bisa. Kami hanya ingin sekolah ini menjadi yang terbaik, apalagi akan mewakili Solsel dalam lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Sumbar. Jika berhasil, tentunya kami selaku wali murid juga ikut bangga," katanya.

Ia menambahkan, selama kegiatan positif dan berdampak terhadap kemajuan sekolah dan siswa/i para wali murid sangat mendukung. "Kami akan membenahi sekolah ini secara swadaya sesama wali murid, semampu kami dan merupakan kesepakatan bersama," sebutnya.

Terpisah, Ketua Komite SDN 01 Pakan Rabaa, Andi Suryadi Dt Rajo Katik menyatakan, untuk meraih suatu pencapaian di sekolah sangat dibutuhkan sinergitas, tidak hanya peran dari pihak sekolah dan komite.

"Sering waktu, prestasi sekolah semakin baik. Kepedulian wali murid juga patut diapresiasi terhadap kemajuan peserta didik dan sekolah. Ini menjadi motivasi dan energi tersendiri untuk merangkul para alumni yang sukses didalam maupun luar Solsel. Guna memberikan sumbangsih pemikiran maupun secara materil, demi lebih baik," ujarnya.

Kondisi sarana infrastruktur sekolah, imbuhnya bisa dikatakan jauh dari harapan sebagai sekolah berprestasi. "SDN 01 Pakan Rabaa masih minim fasilitas dan sarana infrastruktur. Sehingga butuh sentuhan dan bantuan dari berbagai pihak, termasuk para alumni," katanya.

Guru senior SDN 01 Pakan Rabaa, Jonny mengatakan ada sebanyak 14 taman toga yang akan dibuat. Dimana jumlah tersebut sebanyak rombongan belajar, artinya tiap lokal memiliki satu taman.

"Pembuatan taman dilakukan secara swadaya oleh wali murid. Dimulainya goro sejak 18 Maret 2020 setelah melakukan musyawarah bersama," katanya.

Jonny mengatakan, pembuatan taman tersebut memiliki dua fungsi yakni berfungsi sebagai pagar dan juga sebagai taman. "Pagar sekolah juga salah satu indikator penilaian sekolah sehat yang akan dilombakan sekitar Agustus 2020. Seharusnya pagar beton tetapi disebabkan keterbatasan dana sehingga diambil solusi bambu," ujarnya.

Kepala SDN 01 Pakan Rabaa, Desmayenti mengaku bangga dengan solidaritas dan kepedulian dari wali murid dalam upaya memajukan prestasi sekolah. "Kegiatan ini adalah partisipasi wali murid. Memang dalam memajukan sekolah dibutuhkan tiga unsur "tigo tungku sajarangan" yakni pihak sekolah, tokoh masyarakat dan Walimurid. Tidak mungkin hanya bisa dilakukan oleh pihak sekolah saja," sebutnya.

Tujuan dari pembuatan taman itu, katanya untuk keindahan sekolah disamping, untuk menghalangi hewan ternak masuk ke pekarangan sekolah. "Perlu dilibatkan seluruh elemen dalam memajukan sekolah ini, apalagi dengan kondisi infrastruktur yang kurang memadai saat ini," katanya. (*)

Reporter : Jefli /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 17 Februari 2020 - 17:46:09 WIB

    Besok, ABC Cerdaskan Indonesia Digelar di SDN 09 Belakang Balok

    Besok, ABC Cerdaskan Indonesia Digelar di SDN 09 Belakang Balok BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- PT Heinz ABC Indonesia di bawah merek Sarden ABC,  meluncurkan program peduli pendidikan, bertajuk "ABC Cerdaskan Indonesia 2020". Menurut rencana, program tersebut bakal dilaksanakan di SDN.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 14:47:21 WIB

    BPBD Sawahlunto Kerahkan Alat Berat Bersihkan Longsor di Jalan Masuk SDN 07 Talago Gunung

    BPBD Sawahlunto Kerahkan Alat Berat Bersihkan Longsor di Jalan Masuk SDN 07 Talago Gunung SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Tim penanganan Bencana Daerah Badan Kesbang Pol PBD Kota Sawahlunto, lakukan pembersihan material longsor yang menutup akses jalan masuk di SDN 07 Dusun Koto Desa Talago Gunung Kecamatan Barang.
  • Selasa, 25 April 2017 - 00:12:32 WIB
    DI RRI BUKITTINGGI

    SDN 03 Pakan Kurai Pukau Penonton

    SDN 03 Pakan Kurai  Pukau Penonton BUKITTINGGI, HALUAN – Sanggar Seni Carano Perak SD Negeri 03 Pakan Kurai Bukittinggi tampil memukau penonton pada acara pergelaran seni dan budaya dalam rangka malam mengenang 138 tahun RA Kartini yang digelar RRI Bukittin.
  • Jumat, 21 April 2017 - 01:29:52 WIB

    SDN 03 Nan Sabaris Terbaik Lomba Bintang Sains

    SDN 03 Nan Sabaris Terbaik Lomba Bintang Sains PADANG PARIAMAN, HALUAN -- Siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Nan Sabaris, Sagita Dwi Hanum Syaputri (12) menjadi yang terbaik pada lomba bintang sains antar SDN se-Kabupaten Padang Pariaman, yang diselenggarakan pada 10 Apr.
  • Jumat, 16 September 2016 - 14:35:49 WIB

    Miris! Atap SDN 45 Pessel Ambruk, Pustaka dan Guru Penjaskes Tidak Ada

    Miris! Atap SDN 45 Pessel Ambruk, Pustaka dan Guru Penjaskes Tidak Ada PAINAN, HALUAN - Atap dan plafon gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 45 Pulau Karam, Kecamatan koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), ambruk..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM