Siapkan Alat Laboratorium Mumpuni, Politeknik ATI Padang Datangkan Teknisi Jerman


Sabtu, 21 Maret 2020 - 21:30:07 WIB
Siapkan Alat Laboratorium Mumpuni, Politeknik ATI Padang Datangkan Teknisi Jerman Teknisi dari Jerman tengah memperbaiki peralatan yang ada di laboratorium Teknik Kimia Bahan Nabati Politeknik ATI Padang. Foto/Instagram Politeknik ATI Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik ATI Padang mendatangkan teknisi dari Jerman untuk melakukan perawatan terhadap seluruh peralatan laboratorium yang digunakan sebagai praktikum mahasiswa. Perawatan dimaksudkan guna menyiapkan peralatan belajar yang mumpuni di kampus tersebut.

Hal itu terungkap dari postingan akun Instagram resmi Politeknik ATI Padang, @poltekatipdg, Sabtu (21/3/2020). Pada keterangan postingan itu dituliskan, dalam menyiapkan peralatan belajar yang mumpuni, Politeknik ATI Padang mendatangkan langsung teknisi dari G.U.N.T Germany pada 3 Maret 2020 lalu.

"Selain melakukan perawatan dan perbaikan alat, teknisi dari G.U.N.T juga membekali dengan bimbingan teknis perawatan dalam penggunaan alat ini," begitu tulis Direktur Politeknik ATI Padang, Ester Edward.

Adapun ketiga unit operasi yang dirawat, Ester Edward menyebutkan, terdiri dari unit ekstraksi cair-cair, adsorpsi dan unit proses kontrol. Semuanya berada di Laboratorium Teknik Kimia Bahan Nabati dan Teaching Factory di Politeknik ATI
Padang.

Dalam postingan tersebut ada 4 slide foto yang ditampilkan. Slide pertama, terlihat teknisi dari G.U.N.T Germany tengah melakukan perbaikan dan pemeliharaan unit laboratorium untuk pendidikan teknik di kampus binaan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.

Pada slide kedua, teknisi Jerman yang didampingi salah seorang tenaga pendidik terlihat sedang berada di Laboratorium Teknik Kimia Bahan Nabati Politeknik ATI Padang, mereka melakukan perbaikan dan pemeliharaan terhadap C620 ekstraksi cair dengan cairan (liquid-liquid extraction).

Slide ketiga, tampak teknisi Jerman tengah menjelaskan metode Adsorpsi C583. Dia mentransfer ilmu terkait pemeliharaan dan perbaikan teknis untuk penggunaan unit adsorpsi kepada seorang mahasiswa Teknik Kimia Bahan Nabati yang didampingi salah seorang tenaga pendidik.

Sementara di slide terakhir, teknisi Jerman tersebut sedang melakukan pengontrolan pada empat variabel dari rekayasa proses. Terdapat sirkuit dengan tangki transparan bertingkat disediakan di laboratorium itu untuk mengontrol laju aliran, level, dan tekanan. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]