WHO Ungkap Virus Corona Tak Bisa Menular Melalui Nyamuk, Simak Yuk!


Ahad, 22 Maret 2020 - 06:14:10 WIB
WHO Ungkap Virus Corona Tak Bisa Menular Melalui Nyamuk, Simak Yuk! Ilustrasi nyamuk.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengan pandemi virus corona saat ini, banyak informasi yang berkembang di masyarakat terkait cara penularan virus tersebut.

Salah satunya, yakni adanya kekhawatiran mengenai virus corona baru yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Mengenai anggapan tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) turut melakukan konfirmasi atau memberikan penjelasan sesuai fakta.

Dikutip dari Kompas.vom, Minggu (22/3/2020), WHO mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada informasi atau bukti yang menunjukkan bahwa virus corona penyebab Covid-19 dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Virus corona baru merupakan virus saluran pernapasan yang umumnya menyebar melalui droplet atau percikan yang keluar saat seseorang yang terinfeksi mengalami batuk atau bersin.

Virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut juga dapat ditularkan melalui percikan air liur dan ingus penderita Covid-19.

Jadi, faktanya adalah virus crona baru tidak dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk selayaknya virus dengue yang dapat menyebabkan demam berdarah.

Cara menghindari penularan virus corona

Penularan virus corona melalui percikan atau droplet sementara baru bisa diketahui terjadi secara langsung dan tidak langsung. 

Penularan secara langsung terjadi jika seseorang menghirup percikan yang keluar dari batuk atau napas orang lain yang terjangkit Covid-19.

Untuk menghindari hal tersebut, maka penting bagi siapa saja untuk bisa menjaga jarak lebih dari 1 meter dari orang yang sakit.

Sedangkan penularan secara tidak langsung terjadi ketika percikan-percikan dari orang yang terjangkit Covid-19 jatuh ke benda-benda dan permukaan-permukaan di sekitar.

Orang yang menyentuh benda atau permukaan tersebut lalu menyentuh mata, hidung atau mulutnya, dapat juga terjangkit Covid-19.

Oleh sebab itu, penting juga bagi siapa saja untuk sering-sering mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun.

Cuci tangan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol.

WHO mengungkapkan, tindakan tersebut telah terbukti dapat membunuh virus yang menempel di tangan.

Di samping itu, siapa saja juga diimbau untuk senantiasa menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Hal itu penting dilakukan tidak lain untuk menghindarkan virus masuk ke tubuh sehingga membuat sakit. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 03 April 2020 - 21:35:49 WIB

    WHO Tegaskan Sinar Matahari Tidak Bisa Bunuh Virus Corona

    WHO Tegaskan Sinar Matahari Tidak Bisa Bunuh Virus Corona HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Semua orang berusaha melakukan segala cara untuk mencegah penularan virus corona Covid-19, salah satunya berjemur pagi hari. Banyak orang percaya bahwa berjemur pagi hari bisa membunuh virus corona.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 12:52:18 WIB

    Peringatan WHO, Penderita Gejala Corona Jangan Diberi Obat Ibuprofen

    Peringatan WHO, Penderita Gejala Corona Jangan  Diberi Obat Ibuprofen HEATLH,HARIANHALUAN.COM-Badan Kesehatan  Dunia  WHO telah mengeluarkan rekomendasi bagi penderita gejala infeksi virus corona (Covid-19) untuk tak mengonsumsi  asupan  ibuprof.
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 05:57:13 WIB

    WHO Tetapkan Virus Corona sebagai Pandemi, Ini Artinya

    WHO Tetapkan Virus Corona sebagai Pandemi, Ini Artinya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi kesehatan dunia WHO resmi menyatakan virus corona COVID-19 sebagai pandemi. Dalam dua pekan terakhir, terjadi peningkatan jumlah kasus di luar China hingga 13 kali lipat dengan jumlah ne.
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 20:01:24 WIB

    Hati-hati..! WHO Klaim Uang Kertas jadi Alat Penyebaran Covid-19

    Hati-hati..! WHO Klaim Uang Kertas jadi Alat Penyebaran Covid-19 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim uang kertas bisa jadi medium penyebaran COVID-19. Karena itu, masyarakat diminta untuk mengurangi penggunaan uang kertas untuk bertransaksi..
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 18:36:51 WIB

    WHO Puji Gerak Cepat Pemerintah Indonesia 

    WHO Puji  Gerak Cepat Pemerintah Indonesia  JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Sebanyak 243 WNI yang terdiri dari 238 warga dan 5 KBRI telah dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing dari Natuna.  Mereka telah mengikuti observasi selama dua pekan melalui prosedur yang t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM