Tips Agar ASI Lancar, Ibu Menyusui Wajib Tahu!


Ahad, 22 Maret 2020 - 08:13:35 WIB
Tips Agar ASI Lancar, Ibu Menyusui Wajib Tahu! com-Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutterstock

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sebagai ibu menyusui, Anda harus tahu bahwa ASI punya banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Kandungan dalam ASI meliputi air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, sel-sel darah putih, enzim, dan asam amino yang baik untuk kesehatan bayi.

Dikutip dari Kumparan, Minggu (22/3/2020), dalam ASI juga terkandung asam lemak yang penting manfaatnya bagi perkembangan otak bayi. Oleh sebab itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan dan dilanjutkan hingga berusia 2 tahun atau lebih dengan disertai makanan pendamping ASI (MPASI).

Nah Moms, agar tumbuh kembang bayi optimal, Anda harus memastikan bahwa produksi ASI Anda cukup untuk si kecil. Lantas, bagaimana caranya agar produksi ASI selalu lancar? Yuk, coba ikuti beberapa cara berikut ini.

Rajin Mengosongkan Payudara

Rutinlah untuk mengosongkan payudara dengan rajin menyusui bayi, Moms. Bayi baru lahir, biasanya minta menyusu tiap 2-3 jam sekali.

Bila sedang tidak bersama bayi, Anda bisa memompa payudara. Ya, semakin sering mengosongkan payudara, maka produksi ASI akan semakin lancar. Sebab prinsip produksi ASI adalah supply dan demand, semakin tinggi kebutuhan bayi, semakin banyak produksinya.

Hindari Stres

Stres fisik, emosional, dan psikologis dapat menurunkan produksi ASI Anda. Jadi sebaiknya, hindari stres saat menyusui ya, Moms.

Untuk menghindari dan menghilangkan stres, cobalah untuk berolahraga teratur, melatih teknik pernapasan dalam, meluangkan 15 hingga 20 menit sehari untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai (seperti membaca buku atau mendengarkan musik), serta istirahat yang cukup.

Banyak Konsumsi Air Putih

Jangan pernah menyepelekan khasiat air putih ya, Moms. Air putih sangat dibutuhkan ibu menyusui sebagai penambah cairan di dalam tubuh.

Rutinlah minum air putih atau mengonsumsi buah-buahan dan smoothies. Menurut Angka Kecukupan Gizi 2013, kebutuhan air putih saat hamil bertambah 300 ml dari kebutuhan normal dan saat menyusui kebutuhan air putih meningkat menjadi 600-800 ml sehari.

Makanan Bergizi

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Sebab, nutrisi yang Anda makan, juga akan dikonsumsi bayi lewat ASI. Jadi, untuk menghasilkan ASI yang berkualitas, konsumsilah makanan bergizi seimbang serta camilan yang sehat.

Minum Prenagen lactamom

Selain mengkonsumsi makanan bergizi serta minum air putih, jangan lupa untuk minum PRENAGEN lactamom saat masa menyusui. Karena, selain bisa meningkatkan kuantitas ASI, mengonsumsi susu khusus menyusui akan meningkatkan kualitas ASI, Moms.

Di dalam PRENAGEN lactamom terkandung Zat Besi, Asam Folat, Inulin, juga Omega 3 & 6 untuk perkembangan otak si kecil. PRENAGEN lactamom tersedia dalam rasa Cokelat, Vanilla, serta Moka.

Agar kualitas ASI dari ibu menyusui lancar, segera lengkapi nutrisi Anda di masa menyusui dengan PRENAGEN lactamom yang mengandung zat antibodi, sehingga Anda dan buah hati terhindar dari berbagai penyakit. (*)

 Sumber : Kumparan /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM