5 Langkah Bikin Betah di Rumah Selama Social Distancing


Ahad, 22 Maret 2020 - 08:57:25 WIB
5 Langkah Bikin Betah di Rumah Selama Social Distancing Foto: shutterstock

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Demi memutus rantai penularan virus Covid-19, Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk melakukan isolasi diri di rumah. Di beberapa daerah, sekolah-sekolah sudah diliburkan dan sejumlah instansi pemerintahan dan perusahaan menerapkan kebijakan work from home (WFH) bagi pekerja.

Supaya kegiatan belajar dan bekerja di rumah bisa efektif, perlu dibuat situasi yang nyaman. Sudah punya gambaran belum, apa saja hal yang mesti dipenuhi biar betah tinggal di rumah? Kalau belum, mari kita bahas langkah-langkah untuk membuat nyaman di rumah.

1. Masak makanan sendiri

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan status darurat corona berlangsung hingga 29 Mei. Artinya, kemungkinan masa isolasi diri akan berlangsung mengikuti status darurat tersebut.

Supaya bisa mengurangi aktivitas keluar rumah, kamu bisa mempersiapkan persediaan bahan makanan untuk beberapa minggu ke depan. Usahakan masak makanan sendiri di rumah supaya kebersihannya terjamin. Tidak harus bikin menu yang susah, yang penting karbohidrat, protein, dan sayur-sayurannya terpenuhi biar badan tetap kuat.

2. Bersihkan rumah

Supaya aman dari virus dan tentunya nyaman untuk ditinggali, bersihkan rumah secara rutin. Gunakan disinfektan seperti karbol dan pembersih porselen buat membunuh mikroorganisme sejenis bakteri dan virus.

Oh ya, jangan lupa bersihkan pula barang-barang yang sering dipegang, antara lain remote tv, ponsel, keyboard dan mouse komputer, serta gagang pintu, dan kulkas. Mesti diingat, virus corona bisa menular saat seseorang menyentuh benda yang terpapar virus.

3. Kumpul bareng keluarga

Social distance memberikan kesempatan untuk para orang tua yang biasanya sibuk bekerja untuk menghabiskan waktu bersama anak. Walaupun cuma di dalam rumah, main sama anak menjadi aktivitas menyenangkan untuk mengusir stres. Buat si kecil nyaman dengan mengajaknya bermain, memberikan asupan nikmat dan bergizi, dan membacakan cerita sebelum dia tidur supaya semakin lengket sama orang tua.

4. Sediakan suplemen dan obat-obatan

Di masa-masa rentan penyakit, daya tahan tubuh perlu selalu dijaga. Selain mengonsumsi asupan gizi seimbang, kamu juga bisa menambahkan konsumsi suplemen buat meningkatkan asupan vitamin dan mineral tubuh.

5. Cuci Pakaian

Mengganti pakaian dan mencucinya setelah bepergian wajib dilakukan sebelum kontak dengan penghuni rumah yang lain. Nyatanya virus bisa menempel di pakaian dan menyebabkan penularan virus. Cuci pakaian dengan deterjen untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel.

Meskipun sedang melakukan social distancing, kamu tetap bisa mendapatkan berbagai kebutuhan tersebut tanpa harus keluar rumah. Dengan program #BelanjaDariRumah yang diadakan oleh Shopee, kamu dapat membeli bahan makanan, produk pembersih rumah, perlengkapan anak, vitamin, produk pembersih pakaian secara online dengan harga terjangkau.

Selain memberikan penawaran menarik untuk produk-produk kebutuhan rumah, makanan, vitamin, hingga kebutuhan anak, Shopee juga memberikan fasilitas gratis ongkos kirim dan ratusan voucher. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]