Corona Meluas, 84 Detinasi Wisata Ditutup, Termasuk Pulau Komodo


Ahad, 22 Maret 2020 - 09:50:39 WIB
Corona Meluas, 84 Detinasi Wisata Ditutup, Termasuk Pulau Komodo Ist

LABUAN BAJO, HARIANHALUAN.COM -- Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) mengumumkan penutupan aktivitas pariwisata di dalam kawasan TNK mulai Minggu (22/3/2020). Itu dilakukan sebagai upaya antisipasi penularan Covid-19.

Kepala BTNK, Lukita Awang Nistyantara mengatakan penutupan tersebut menindaklanjuti instruksi Gubernur NTT, Viktor Laiskodat.

"Penutupan mulai Minggu besok sampai tanggal 29 Mei 2020. Surat dari Gubernur barusan saya terima. Menutup obyek wisata untuk aktivitas wisata di dalam kawan Taman Nasional Komodo," kata Awang dikutip dari Warta Ekonomi (Haluan Media Group), Minggu (22/3/2020).

Selain aktivitas wisata, kegiatan penelitian, pendidikan dan ekspedisi juga ditutup untuk sementara waktu. Larangan berlayar juga diberlakukan pada kapal cruise. Dia menambahkan, penutupan sementara ini akan dievaluasi.

"Penutupan sementara ini akan dievaluasi dengan memperhatkan kebijakan Menteri LHK, Dirjen KSDAE, serta pemerintah daerah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Dikatakan Awang, sejak wabah corona merebak di Tanah Air,  pihak BTNK memberlakukan aturan bagi pengunjung ke TNK berupa surat keterangan sehat dan bebas corona dari Rumah Sakit Komodo.

84 Obyek Wisata Ditutup

Dihubungi terpisah, Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula mengatakan semua aktivitas pariwisata di Labuan Bajo dan sekitarnya akan ditutup sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Penutupan diberlakukan dimulai Senin (23/3/2020) hingga 6 April 2020.

"Senin saya terbitkan keputusan bupati supaya stop semua kunjungan ke semua destinasi di Manggarai Barat, kita punya 84 destinasi nanti ditutup semua," kata Bupati Gusti Dula.

Bupati Dula berkata telah menginstruksikan Kepala Dinas Pariwisata Mabar untuk berkoordinasi dengan Balai TNK agar tersinergi dengan petunjuk pusat dan provinsi terkait virus corona agar menghentikan semua kegiatan yang melibatkan banyak orang.

"Saya harapkan juga lockdown TNK juga berlaku karena bukan soal otoritasnya tetapi areal habitatnya  sangat berpengaruh langsung dengan warga masyarakat Manggarai Barat dan Wisatawan," ucap dia.

Kepala Dinas Kabupaten Manggarai Barat, Agustinus Rinus mengatakan sedikitnya 84 obyek wisata Mabar akan ditutup, antara lain Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, Pink Beach ditambah dive spot serta obyek wisata di daratan, yakni Gua Batu Cermin, Gua Rangko, Cunca Wulang, Cunca Rami, dan Istana Ular.

"Semua aktivitas pariwisata ditutup, totalnya 84 obyek wisata, 58 spot divingserta sembilan lokasi snorkeling itu termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo," kata Gusti Rinus. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 11:57:35 WIB

    Resor Mewah Maldives pun Jadi Tempat Karantina Corona

    Resor Mewah Maldives pun Jadi Tempat Karantina Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Salah satu resor mewah di Maldives ini mesti ditutup dan jadi tempat karantina. Alasannya, ada staf yang terinfeksi virus Corona..
  • Senin, 23 Maret 2020 - 21:55:03 WIB

    Corona Mengancam, Objek Wisata di Sumbar Ditutup Sementara

    Corona Mengancam, Objek Wisata di Sumbar Ditutup Sementara PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah destinasi pariwisata di Kabupaten dan Kota di Sumbar memutuskan untuk menutup kunjungan untuk sementara berkaitan dengan upaya pencegahan penyebaran virus corona atau (Covid-19)..
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 19:59:15 WIB

    Efek Corona, Pemprov Sumbar Sarankan Iven di Daerah Ditunda

    Efek Corona, Pemprov Sumbar Sarankan Iven di Daerah Ditunda PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyebutkan, akan tetap memberi ruang kepada Bupati dan Walikota untuk menentukan status objek wisata masing-masing. Pasalnya, hal itu menjadi kewenangan pada Kabupa.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 21:24:23 WIB

    Efek Corona, Dua Objek Wisata di Padang Ditutup 14 Hari

    Efek Corona, Dua Objek Wisata di Padang Ditutup 14 Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Akibat Corona Virus Disease (Covid-19), banyak objek wisata yang akhirnya ditutup. Seperti di Padang, dua objek wisata ditutup mulai Jumat (20/3/2020)..
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 16:23:24 WIB

    Perangi Corona, TRC Pessel Pantau Wisatawan di Pulau Cubadak

    Perangi Corona, TRC Pessel Pantau Wisatawan di Pulau Cubadak PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Meskipun belum ditemukan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, namun upaya antisipasi terus dilakukan pemerintah setempat. Penanganan dilakukan dengan cara melakukan pemantauan keseh.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM