Corona Mewabah, Kementan Sarankan Konsumsi Ubi Jenis Ini


Ahad, 22 Maret 2020 - 10:43:27 WIB
Corona Mewabah, Kementan Sarankan Konsumsi Ubi Jenis Ini Ist

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Kementerian Pertanian (Kementan), Yuliantoro Baliadi mengajak masyarakat untuk mengonsumsi ubi ungu sebagai asupan meningkatkan imunitas dalam menghadapi wabah Covid-19.

Menurut Yuliantoro, ubi ungu sangat bagus dikonsumsi karena mengandung antosianin pemecahan senyawa beracun yang dapat menambah kekebalan dan kebugaran tubuh.

"Kunci utama dalam memberikan perlindungan daya tahan tubuh terhadap virus adalah mengonsumsi makanan yang mengandung antosianin. Salah satunya lewat ubi ungu," ujar Yuliantoro, dikutip dari Warta Ekonomi (Haluan Media Group), Minggu (22/3/2020).

Sejak 2014, kata Yuliantoro, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balitkabi telah melepas ubi ungu unggulan dengan nama varietas Antin 3. Varietas tersebut memiliki kadar antosianin tinggi yaitu 150,7 mg atau 100 g (bb).

"Ubi ungu varietas Antin 3 adalah varietas unggulan yang mengandung kadar antosianinnya tinggi, bahkan lebih tinggi dari varietas yang berasal dari Jepang yaitu varietas Ayamurasaki," katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) Kementan, Haris Syahbuddin menjelaskan bahwa ubi ungu adalah panganan fungsional yang kelebihannya sangat bermanfaat untuk kesehatan.

"Berdasarkan deskripsinya, selain ubi ini memiliki kadar antosianinya tinggi, juga memiliki potensi hasil yang tinggi yaitu 30,6 t/ha dan umur panennya 4-4,5 bulan. Varietas ini jiga agak tahan penyakit kudis, tahan hama boleng,  toleran kekeringan dan cocok ditanam pada lahan tegalan atau sawah sesudah tanaman padi," katanya.

Sebagai informasi, virus corona adalah jenis virus mematikan karena mampu menular secara cepat dari manusia ke manusia lainya. Virus ini menular melalui batuk atau bersin orang yang terpapar. Sampai saat ini belum ada vaksin maupun obat yang biasa mengobati penyakit ini. Namun demikian, banyak juga yang telah pulih karena sistem kekebalan tubuhnya dapat melawan virus corona.

"Virus corona adalah virus yang menguji daya tahan tubuh, jadi untuk meningkatkan daya tahan tubuh di saat merebaknya virus corona harus mengkonsumsi makanan yang mengandung antosianin," tutupnya. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 07 April 2020 - 14:26:12 WIB

    Kreasi Masker Ramah Difabel Tangkal Virus Corona

    Kreasi Masker Ramah Difabel Tangkal Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewajibkan setiap orang untuk mengenakan masker demi mencegah penularan virus corona jenis baru (SARS-CoV-2). Sebelumnya WHO sempat menganjurkan pemakaian masker ha.
  • Selasa, 07 April 2020 - 06:22:31 WIB

    Tips Membuat Masker Kain Tanpa Dijahit, Bisa Cegah Corona

    Tips Membuat Masker Kain Tanpa Dijahit, Bisa Cegah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pandemi Corona telah mengubah hidup dan kebiasaan yang kita miliki. Jika sebelumnya kita bisa keluar rumah dengan bebas tanpa menggunakan masker bedah atau masker kain, maka saat ini kemana pun k.
  • Senin, 06 April 2020 - 22:35:00 WIB

    3 Produk Langka dan Mahal Karena Corona? Ini Penggantinya!

    3 Produk Langka dan Mahal Karena Corona? Ini Penggantinya! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Semenjak kasus coronavirus sampai di Indonesia, ada banyak barang yang cepat habis di supermarket ataupun online. Apa dong penggantinya?.
  • Sabtu, 04 April 2020 - 14:48:27 WIB

    Harus Imunisasi saat Wabah Corona? Begini Caranya

    Harus Imunisasi saat Wabah Corona? Begini Caranya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sudah hampir tiga minggu kita dimbau oleh pemerintah agar bekerja, belajar dan beribadah di rumah guna memutus rantai penyebaran virus corona atau COVID-19..
  • Sabtu, 04 April 2020 - 13:58:49 WIB

    Jangan Keliru, Berjemur Ternyata Tak Bisa Bunuh Virus Corona

    Jangan Keliru, Berjemur Ternyata Tak Bisa Bunuh Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Beberapa cara yang dapat mencegah penularan virus corona atau COVID-19, adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir, menggunakan hand sanitizer jika tidak menemukan ai.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM