Survei Liberte Institute: Uang dan Sembako Jadi Hadiah Paling Disukai di Pilkada Agam


Ahad, 22 Maret 2020 - 11:34:11 WIB
Survei Liberte Institute: Uang dan Sembako Jadi Hadiah Paling Disukai di Pilkada Agam Foto/detik

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hasil survei Liberte Institute menunjukkan ternyata uang dan sembako merupakan pemberian yang paling disukai oleh masyarakat dari para calon Bupati dan Wakil Bupati. Dalam hal ini, responden di Kabupaten Agam paling menyukai hadiah tersebut dibandingkan daerah lain.

Adapun persentasenya yakni, dalam bentuk uang sebesar 65,4 persen, semako 17,4 persen, alat pertanian 5,3 persen, kalender 5,0 persen, pakaian biasa 3,7 persen, cangkir bergambar kandidat 0,9 persen, sarung 0,6 persen, alat penangkap ikan 0,3 persen, jam weker 0,0 persen, alat tulis bergambar kandidat 0,0 persen.

Direktur Liberte Institute, Indrayadi mengatakan, survei ini terdiri dari 1.200 orang responden, Pemberian dalam bentuk uang dan sembako menjadi pemberian yang paling disukai oleh masyarakat.

"Dari pertanyaan yang lemparkan kepada responden, pemberian dalam bentuk apakah yang lebih Bapak/Ibu sukai dari calon Bupati Wakil Bupati?, uang dan sembako menjadi pilihan mereka," kata Indrayadi, baru-baru ini.

Disisi lain dalam pilkada, kata Indrayadi, terkadang ada yang memberikan barang atau uang dengan ajakan untuk memilih calon tersebut. Apabila ada tim dari calon tertentu memberikan barang atau uang kepada masyarakat. Sebanyak 52,2 persen menerima tapi memilih calon sesuai pilihan sendiri.

"Ada juga masyarakat yang menolak sebanyak 42,6 persen, dan menerima dan memilih calon yang memberikannya sebanyak 4,4 persen," ujar Indrayadi.

Maka dapat disimpulkan, sebut Indrayadi, bahwa sebagian besat masyarakat mau menerima pemberian dari calon Bupati dan Wakil Bupati. Namun mereka cenderung akan memilih caloj Bupati dan Wakil Bupati yang lebih mereka kenal.

"Dari pertanyaan yang dilemparkan, jika Bapak/Ibu menerima pemberian dan memilih calon yang memberikannya, siapa yang akan dipilih? Sekitar 34,5 persen mereka memilih calon yang memberikan uang atau barang, dan memilih calon yang lebih dikenal sebanyak 65,1 persen," tukasnya. (*)

loading...
Reporter : Milna /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]