Reses di Pasbar, Wasman Ajak Masyarakat Jaga Ketenangan di Tengah Isu Corona


Ahad, 22 Maret 2020 - 11:51:33 WIB
Reses di Pasbar, Wasman Ajak Masyarakat Jaga Ketenangan di Tengah Isu Corona Anggota DPRD Pasbar, Wasman, S.Sos foto bersama dengan tokoh pemuda Simpang Tiga Usai mendengarkan Aspirasi dari masyarakat dalam Resesnya.

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Reses atau Masa Reses adalah masa di mana DPR melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung DPR. Misalnya untuk melakukan kunjungan kerja, baik yang dilakukan anggota secara perseorangan maupun secara berkelompok untuk menjemput aspirasi warganya.

Sebagai anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat dari partai PPP yang terpilih pada Pileg 2019 lalu, Wasman, Sos mengundang pemerintah Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo, tokoh masyarakat dan Pemuda setempat terkait menyerap aspirasi warganya yang ada di dapil II itu.

"Sebagai wakil rakyat yang diamanahkan, Saya berharap ada masukan dari masyarakat saya untuk disampaikan nanntinya di DPR," kata Wasman saat mengawali pembicaraannya di depan undangan Reses, Sabtu malam (21/3/2020).

Kegiatan reses yang dilaksanakan di Bandar Irigasi Simpang Tiga, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo tersebut di hadiri langsung oleh Wali Nagari Koto Batu, Zulpiyan SH, dan tokoh masyarakat Azman serta beberapa pemuda setempat.

Menurut Wasman, masa-masa reses adalah merupakan masa penting untuk melakukan kegiatan di luar sidang dalam menyerap aspirasi masyarakat dan kesempatan bagi anggota dewan turun untuk bertemu langsung dengan masyarakat.

"Saya akan menjabarkan hasil dari suara masyarakat melalui kegiatan reses in, kemudian di rekap dan dibuat laporannya yang nantinya di tunjukkan pada pimpinan Dewan. Ini momentum kami bertemu dengan masyarakat secara langsung, dan saya bertekat supaya aspirasi masyarakat bisa terealisasikan selama masa priode ini," kata Wasman.

Wasman berharap, apa yang menjadi usulan masing masing perwakilan masyarakat ini nantinya juga dapat disampaikan kembali pada musrenbang tingkat Nagari, kecamatan dan tingkat kabupaten.

"Insya Allah, semua usulan ini akan saya sampaikan selanjutnya akan saya kawal dan perjuangkan mudah mudahan bisa terakomodir sesuai dengan harapan kita semua," imbuh Wasman.

Selain menyerap aspirasi masyarakat, Wasman juga memberikan informasi dan mengajak masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga ketenangan ditengah-tengah masyarakat terkait wabah Corona Virus Deseas (Covid 19) dan agar tidak menyebarkan informasi yang akan membuat resah masyarakat.

"Jangan mudah percaya dan jangan cepat menyebarkan berita yang sumbernya tidak jelas, mari kita bersama-sama menjaga ketenangan sambil berupaya mengantisipasi Covid 19," imbau anggota komisi III DPRD Pasbar dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Ditambahkan, dalam penanganan Covid 19, sudah ada prosedur tetap (protap) yang harus dilakukan oleh Satuan Tugas yang telah terbentuk, Wasman meminta kepada masyarakat jika ingin mengetahui terkait virus ini bisa menanyakan langsung ke posko Satgas Resmi dan petugas kesehatan yang ada di Puskesmas.

Sementara itu, Wali Nagari Koto Baru, Zulpiyan, SH dalam sambutannya mengatakan, ia mewakili pemerintah Nagari mengucapakan terimakasih dab apresiasi atas terselenggaranya reses itu.

Menururutnya, selain kewajiban bagi anggota DPRD juga bertujuan untuk bersilaturrahmi serta menyerap dan menindak lanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat untuk nantinya diperjuangkan di DPRD.

"Mari kita sampaikan aspirasi kita selaku masyarakat kepada anggota DPR kita ini, entah itu pembangunan infrastruktur atau yang lainnya karena ini adalah momen yang bagus demi kemajuan daerah kita ini kedepannya," pungkas Zulfian. (*)

Reporter : Fadli /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM