Hercules C-130 Kembali ke Indonesia Bawa 9 Ton Alat Kesehatan


Ahad, 22 Maret 2020 - 13:32:15 WIB
Hercules C-130 Kembali ke Indonesia Bawa 9 Ton Alat Kesehatan Ilustrasi: Pusat Penerangan (Puspen) TNI menyatakan pesawat penjemputan alat kesehatan (alkes) penanganan virus corona atau Covid-19 telah mendarat di Pudong.(Dok. Puspen TNI)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Pesawat Hercules C-130 yang mengambil alat kesehatan di China telah kembali ke Natuna setelah tuntas memuat alkes di Negeri Bambu. Hal ini dituliskan oleh akun TNI Angkatan Laut (@_TNIAU). Informasi diterima, saat ini tim TNI tengah transit di Sanya, Hainan sebelum bertolak ke Tanah Air.

Sebelumnya diberitakan, pesawat tersebut sudah mendarat di Pudong, Shanghai pukul 21.15 WIB. 

Pusat Penerangan (Puspen) TNI menyatakan pesawat penjemputan alat kesehatan (alkes) penanganan virus corona atau Covid-19 telah mendarat di Pudong, Shanghai, China pada pukul 14.15 UTC atau 21.15 WIB. 

"Alhamdullilah, pesawat C130 Hercules A-1333 telah mendarat di Pudong, Shanghai pukul 14.15 UTC atau 21.15 WIB, selanjutnya akan melaksanakan proses pemuatan logistik kesehatan dan kembali ke Indonesia," tulis @Puspen_TNI pada Minggu, (22/3).

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jendral (Mayjen) Sisriandi mengatakan bahwa tim penjemput alkes untuk penanganan Covid-19 sudah diterbangkan sejak Sabtu pagi (21/3) menuju China.

"Sudah berangkat pagi tadi, pukul 06.55. Berangkatnya dari ABD Saleh, Malang," kata Sisriandi dilansir dari CNNIndonesia.com, Sabtu (21/3) lalu.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto merincikan bahwa pesawat yang akan menerbangkan kru ke Shangkai China tersebut akan dipiloti oleh Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo. Penerbangan tersebut teregistrasi dalam nomor A-1333.

Ada 21 kru pesawat yang diterbangkan untuk misi pengangkutan logistik kesehatan yang telah dibeli oleh Pemerintah RI. Di antara kru pesawat itu, terdapat dua personel yang berasal dari Kementerian Pertahanan RI.

Setidaknya, sekitar 9 ton logistik kesehatan yang telah dibeli oleh pemerintah akan diangkut menuju Indonesia nantinya. (*)

 

 

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 Agustus 2019 - 18:28:45 WIB

    Padamkan Api Kebakaran Hutan, Panglima TNI akan Kirim Hercules Pengebom Air

    Padamkan Api Kebakaran Hutan, Panglima TNI akan Kirim Hercules Pengebom Air PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan mengirim pesawat Hercules pengebom air untuk mempercepat pemadaman api kebakaran hutan dan lahan di Riau. .
  • Senin, 19 Desember 2016 - 02:08:43 WIB
    JATUH DI GUNUNG WAMENA PAPUA

    Operasional Hercules Dihentikan

    Operasional Hercules Dihentikan WAMENA, HALUAN — Kecelakaan pesawat Hercules C-130HS dengan nomor registrasi A-1334 milik Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, di Gunung Tugima, Wamena, Papua, Minggu (18/12) pagi, menambah panjang daftar kece.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM