Warga Cimahi Ini Positif Corona, Keluarga Juga Diisolasi di Rumah


Ahad, 22 Maret 2020 - 14:19:57 WIB
Warga Cimahi Ini Positif Corona, Keluarga Juga Diisolasi di Rumah Ilustrasi

CIMAHI, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi memastikan 1 orang warganya positif terjangkit Corona. Keluarganya juga diisolasi di rumah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi, mengatakan pasien positif Covid-19 pertama di Kota Cimahi itu terpapar setelah melakukan kontak dengan orang yang baru saja pulang dari luar negeri. Setelah kontak tersebut, yang bersangkutan langsung melapor ke Dinas Kesehatan.

"Kontak dengan orang yang ada riwayat perjalanan ke luar negeri, bukan dia yang ke luar negeri. Kita lakukan penelusuran juga untuk riwayat kontak dan perjalanannya, termasuk lingkungannya saat ini," ujar Pratiwi saat ditemui usai penyemprotan di Gereja Santo Ignatius Kota Cimahi, Minggu (22/3/2020).

Pihak keluarga dan orang terdekat yang sempat melakukan kontak dengan pasien positif tersebut akan dilakukan rapid tes oleh Dinas Kesehatan.

"Akan kita lakukan rapid tes untuk keluarga dan orang terdekatnya. Selain itu, pasien positif itu juga akan kita lakukan uji ulang untuk memastikan hasilnya, karena ditakutkan ada false," jelas dia.

Pasien tersebut saat ini mengisolasi diri sendiri di rumahnya. Selain itu, keluarganya yang saat ini masuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) turut diisolasi.

"Dia mengisolasi diri sendiri dalam satu ruangan di rumahnya. Termasuk keluarganya yang lain, diisolasi di rumah tapi beda ruangan. Pihak kecamatan dan kelurahan sudah tahu dan melakukan pemantauan jarak jauh juga," jelas dia.

Pasien tersebut tidak dirujuk ke rumah sakit lantaran tidak sakit dan mengalami gejala klinis. Namun berdasarkan uji laboratorium, dalam darahnya ada kandungan Covid-19.

"Dia itu sehat, tidak mengalami gejala klinis Covid-19. Tapi di dalam darahnya positif Covid-19. Jadi kita awasi kondisi kesehatannya melalui telepon. Saat ini baru dua hari pengawasannya" ujar Pratiwi.

Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna, mengungkapkan dengan adanya kasus pertama positif Covid-19 di Cimahi, pihaknya meminta agar masyarakat mulai menerapkan social distancing dan tidak menganggap remeh persebaran Covid-19.

"Jangan menganggap enteng dan menantang Covid-19, lakukan social distancing. Kalau tidak urgen keluar rumah, lebih baik diam di rumah. Jangan bepergian dan liburan," tegas Ajay

Berdasarkan catatan Dinkes Kota Cimahi, saat ini ada 34 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan 26 ODP sudah selesai pemantauan. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menjadi 4 orang, sudah diperiksa laboratorium dengan hasil 1 orang negatif. Dan 1 orang positif Covid-19. (*)


 

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]