Kajari Bantul Positif Corona, Pejabat yang Kontak Jalani Isolasi


Ahad, 22 Maret 2020 - 17:41:45 WIB
Kajari Bantul Positif Corona, Pejabat yang Kontak Jalani Isolasi RSUD Panembahan Senopati Bantul (Pradito/detikcom)

BANTUL, HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi COVID-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso menyatakan bahwa para pejabat yang melakukan kontak langsung atau menjenguk Kajari Bantul saat sakit, kini telah menjakani isolasi mandiri.

"Terkait pejabat Pemkab Bantul yang berkontak dengan penderita (Kejari Bantul), sudah kita pantau dan kita sarankan untuk isolasi mandiri serta observasi di rumah selama 14 hari sejak kontak terakhir," katanya Sri Wahyu melalui keterangan tertulis, Minggu (22/3/2020).

Baca Juga : Gempa Jatim, Presiden Perintahkan Jajarannya Temukan Korban yang Tertimbun Reruntuhan

Selain itu, pihaknya mengimbau siapapun yang pernah kontak erat dengan Kejari Bantul selama sakit agar segera untuk melaporkan dan memeriksakan diri ke Puskesmas, klinik atau rumah sakit setempat. Menurutnya, hal itu untuk memastikan kondisi orang-orang yang melakukan kontak langsung.

"Semua pejabat di Pemkab Bantul yang berkontak dengan beliau," ujarnya.

Baca Juga : BNPB Tegaskan Gempa Malang Bukan Termasuk Megathrust, Tapi Zona Beniof

Menurutnya, isolasi mandiri itu telah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu. Bahkan, Oki menyebut ada beberapa orang yang besok sudah selesai menjalani masa isolasi.

Menyoal hasil dari isolasi mandiri tersebut, Sri Wahyu menyebut sebagian besar tidak ada yang mengalami gejala terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Meski diakuinya ada yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Baca Juga : Minibus Terjun ke Sungai di Agam, Ini Nama-nama Korban

"Pejabat semuanya kontak erat tinggi, dan ada yang ODP kalau dia punya gejala, seperti sakit batuk atau panas tinggi, (dengan suhu) 38 derajat kita masukkan ODP. Selama ini, pejabat eselon yang ada di Bantul tidak ada yang masuk punya gejala," paparnya.

"Ya ODP (ada), tapi ODP ringan, lebih cenderung ke kontak erat tinggi karena mereka semua mengobrol semua, tidak ada yang hanya menengok saja (saat menjenguk Kajari Bantul)," lanjut Sri Wahyu.

Baca Juga : Sedang Nongkrong, Warga di Padang Dilempari Gerombolan Bersepeda Motor

Seperti diberitakan sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi COVID-19 Bantul, membenarkan bahwa Kepala Kejari Bantul saat ini dalam status terinfeksi virus Corona atau COVID-19.

"Beliau (pasien positif COVID-19 yang dirawat di RS Panembahan Senopati) adalah pejabat tertinggi di Kejaksaan di Bantul. Iya tahu sendiri kan, kalau pejabat tertinggi (di Kejari Bantul) itu siapa," ujar Jubri tim, Sri Wahyu Joko Santoso. (h/*)

Editor : Heldi | Sumber : detikNews
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]