Lahan Bekas Tambang Lubuk Alung Bakal Disulap Jadi Objek Wisata


Ahad, 22 Maret 2020 - 18:40:31 WIB
Lahan Bekas Tambang Lubuk Alung Bakal Disulap Jadi Objek Wisata Lahan bekas tambang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar mengatakan, lahan bekas tambang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman dipulihkan sebagai objek wistaa Balah Hilia berkonsep ekowisata.

Seperti, wisata air (baik kolam anak maupn kolam pancing) Arbaretum (koleksi pohon endemik) dan taman buah, Graze Area (wisata ternak pemakan rumput) dan Duck lake (wisata ternak bebek).

"Konsep ini masih terus dalam proses penyesuaian dengan kondisi lokasi yang sudah banyak lobang-lobang besar," kata Kepala DLH Sumbar, Siti Aisyah, Minggu (22/3/2020).

Menurut Siti Aisyah, sebagian besar masyarakat sudah menanti kapan program ini dilaksanakan. Bahkan ada yang meminta agar lahannya dimasukkan dalam program ini. Hanya saja areal pemulihan tentunya harus satu hamparan.

"Mudah-mudahan posisi lahan masyarakat yang menolak ikut program ini tidak terlalu mengganggu rencana keseluruhan," ujar Siti Aisyah.

Kendati demikian, DLH Sumbar akan menyakinkan KLHK, tetapi tetap mengharapkan agar diupayakan semua masyarakat yang lahannya sudah disusun DED dalam 4,2 Hektare (Ha) tersebut dapat mengikuti program ini.

Disamping itu yang juga penting adalah kominmen dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman untuk memfasilitasi selama program dilaksanakan, juga pasca program ini dilaksanakan

"Kita tidak bisa mengandalkan dari KLHK terus menerus membina masyarakat kita terutama dalam mengelolaan wisata Balah Hilia baik kewirausahaan dan keterampilan dalam mengelola pertenakan, perikanan maupun pertanian," sebut Siti Aisyah.

Jika program ini berhasil, Siti Aisyah optimis pihaknya akan lebih mudah meraih program yang serupa atau program lain di provinsi ini. Namun jika gagal maka sulit bagi DLH untuk meraih kepercayaan kembali. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 00:24:11 WIB

    Hasil Kerja Pansus Lahan DPRD Riau tak Ditanggapi

    PEKANBARU, Haluan — Komisi A DPRD Riau mengaku kecewa dan menyayangkan sikap aparat penegak hukum di Bumi Lancang Kuning. Hal itu terkait sikap aparat tersebut yang terkesan tidak menanggapi hasil kerja Panitia Khusus Monit.
  • Selasa, 15 November 2016 - 23:30:28 WIB

    Telkomsel Hadirkan Layanan 4G LTE di Tanjung Balai Karimun dan Tembilahan

    Telkomsel Hadirkan Layanan 4G LTE di Tanjung Balai Karimun dan Tembilahan PEKANBARU, HALUAN — Kebutuhan layanan data untuk berinternet cepat dan baik bagi masyarakat dan pengunjung di wilayah Tan­jung Balai Karimun dan Tembilahan, kini telah ter­pe­nuhi dengan kehadiran Tel­komsel 4G LTE di w.
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:21:48 WIB

    Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Dumai, TNI Ambil Bagian

    SIAK, HALUAN — Koramil 09/Minas Siak, Riau memfasilitasi pembebasan lahan warga setempat yang terkena pembangun jalan tol Pekanbaru-Dumai. .
  • Kamis, 03 November 2016 - 23:54:54 WIB

    680,04 Hektare Lahan Terbakar Disegel

    PEKANBARU, HALUAN — Kepolisian Daerah Riau menyegel 680,04 hektare lahan yang diduga sengaja dibakar sebagai bagian dari proses penegakan hukum sepanjang Januari-November 2016..
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 02:52:10 WIB

    Jerman Kelola Lahan Pasca Tambang

    Jerman Kelola Lahan Pasca Tambang LINGGA, HALUAN — Ne­gara Jerman bersedia mela­kukan rehabilitasi lahan pasca tambang. Tahap awal, pihak Jerman akan melakukan reha­bilitasi di kawasan Tanah Putih, Desa Marok Tua de­ngan menanam tanaman ka­liandra..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM