Tekan Penyebaran Corona, Mulyadi: Pemerintah harus Lebih Perhatian pada Tenaga Medis


Ahad, 22 Maret 2020 - 19:19:29 WIB
Tekan Penyebaran Corona, Mulyadi: Pemerintah harus Lebih Perhatian pada Tenaga Medis Calon Gubernur Sumbar, Mulyadi.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI Mulyadi mendesak pemerintah pusat untuk bersikap akomodatif terhadap tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan virus Covid-19 atau corona. Di tengah perjuangan tenaga medis Indonesia untuk menangani virus tersebut pemerintah baik pusat dan daerah dihimbau bergerak cepat menyediakan fasilitas pendukung.

Seperti halnya alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis dan alat rapid test untuk mempersingkat waktu pendeteksian penyebaran virus di masyarakat. Menurut informasi yang didapat oleh Calon Gubernur (Cagub) Sumbar Mulyadi, pihak RS saat ini tengah kesulitan mendapatkan APD. Pun telah mencoba untuk memesan alat tersebut dari Jakarta dan Surabaya namun masih belum mendapatkan kejelasan.

"Perjuangan tenaga medis kita juga harus didukung dengan peralatan yang memadai dari pemerintah pusat dan daerah, kita tentunya tidak ingin mereka yang berada di garda terdepan terpapar oleh virus ini karena kurangnya APD. Tolong pemerintah pusat dalam hal ini presiden menyegerakan distribusi APD dan alat Rapid Test kepada RS dan tenaga medis kita," ujar Mulyadi.

Tak hanya itu, Anggota Komisi III DPR RI tersebut mendesak pemerintah pusat untuk berkaca dari negara Turki dalam menangani penyebaran virus Covid-19. Di negara tersebut pemerintah bertindak cepat dan sangat akomodatif terhadap tenaga medis yang berada di garda terdepan.

Contohnya, Turki menyediakan perlengkapan APD lengkap kepada tenaga medis dan mengakomodasi keperluan sehari-hari seperti makanan bergizi 3 kali dalam sehari serta memberikan kenaikan gaji. Menurutnya hal ini sudah seharusnya langkah yang diambil oleh pemerintah pusat untuk mendukung kinerja para tenaga medis.

"Pemerintah tolong berkaca dari Turki. Pemerintah Turki sangat akomodatif terhadap para tenaga medis yang berjuang di garis depan, tanpa mereka saya tidak bisa membayangkan dampaknya terhadap kita semua," jelas Mulyadi.

Disamping itu, Mulyadi mengapresiasi perjuangan para tenaga medis sebagai garda terdepan menangani penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Ia mengatakan tenaga medis di Indonesia tak kenal lelah tengah berjuang sekuat tenaga untuk menangani pasien maupun punyebaran virus tersebut. Menurut wakil rakyat yang dikenal merakyat tersebut tenaga medis yang menangani virus corona harus mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pemerintah.

"Saya sangat mengapresiasi kesigapan tenaga medis kita sebagai garda terdepan menangani penyabar virus Covid-19 ini. Mereka mengorbankan waktu, tenaga dan keselamatan mereka sendiri untuk terus berjuang mencari jalan terbaik menekan virus ini dan berusaha menyembuhkan saudara-saudara kita yang telah terjangkit corona," tutur Mulyadi.

"Pemerintah sudah sepatutnya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas jasa mereka, memberikan fasilitas terbaik agar tugas tenaga medis kita berjalan dengan baik sehingga virus ini dapat kita tangani dengan baik," imbuhnya.

Terakhir Mulyadi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Tak lupa ia mengajak masyarakat terus berdoa agar pandemi virus tersebut dapat segera berlalu. Masyarakat tidak perlu panik, pencegahan dapat kita lakukan dengan membatasi kegiatan di luar ruangan dan menjaga kebersihan badan. 

"Tidak lupa untuk terus berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT,sehingga wabah penyakit menular ini cepat berlalu. Hanya dengan kehendak dan kekuasaan Allah SWT virus wabah menular ini bisa berlalu," pungkasnya. (*)

 Sumber : rel /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Februari 2020 - 16:29:41 WIB

    Blusukan ke Sekolah, Kapolres Pessel Tekankan Siswa Taat Aturan

    Blusukan ke Sekolah, Kapolres Pessel Tekankan Siswa Taat Aturan PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval memberikan pemahaman di hadapan siswa SMAN 2 Painan Pessel tentang curanmor, curat, curas, bahaya narkoba dan tertib lalulintas di halaman sekolah tersebut, Seni.
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 16:36:18 WIB

    Tekan Angka Stunting, Pemko Pariaman Pasang Strategi

    Tekan Angka Stunting, Pemko Pariaman Pasang Strategi PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemko Pariaman memasang strategi guna menekan angka anak stunting di kota tersebut. Seperti diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kota Pariaman, Efendi Jamal kepad.
  • Ahad, 24 November 2019 - 14:35:55 WIB

    Nasrul Abit Tekankan Pentingnya Pembangunan Kemanusiaan

    Nasrul Abit Tekankan Pentingnya Pembangunan Kemanusiaan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kwarda Pramuka Sumatra Barat, Kakak Nasrul Abit menegaskan pentingnya mensejalankan pembangunan kemanusiaan dengan pembangunan fisik daerah. Oleh karena itu pula, pengukuran Indeks Pembangunan Manu.
  • Rabu, 28 Agustus 2019 - 16:31:22 WIB

    Tekan Risiko Kecelakaan, Dana Pelatihan SMK3 Wajib Dianggarkan

    Tekan Risiko Kecelakaan, Dana Pelatihan SMK3 Wajib Dianggarkan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sangat penting mengingat kebanyakan kecelakaan terjadi pada pekerja yang belum terbiasa bekerja secara aman. Penyebabnya adalah ketidaktahuan tentang.
  • Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:25:19 WIB

    Tekan Kasus DBD dengan Aksi Bersih Lingkungan

    PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Pariaman, Genius Umar minta Dinkes, Kades di Kota Pariaman terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga kasus DBD tidak menjadi langganan tiap bulannya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM