Masih Kuliah, 30 Persen Mahasiswa Politeknik ATI Padang Sudah Terserap di Industri


Ahad, 22 Maret 2020 - 19:31:11 WIB
Masih Kuliah, 30 Persen Mahasiswa Politeknik ATI Padang Sudah Terserap di Industri Ketua Jurusan Analisis Kimia Politeknik ATI Padang, Dr. M. Taufiq Eka Prasada, M.Si. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna meningkatkan kualitas dan Sumber Daya Manusia (SDM), Politeknik ATI Padang terus melakukan kerja sama dengan industri. Kerja sama tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan, pengembangan SDM baik dosen maupun mahasiswa.

"Kerjasama politeknik dengan industri sebenarnya sudah banyak mulai dari kerja praktek, rekrutmen atau magang dosen. Baik industri di lokal, kawasan Sumatera, sekitar Jakarta, Banten, Tangerang hingga Semarang," kata Ketua Jurusan Analisis Kimia Politeknik ATI Padang, Dr. M. Taufiq Eka Prasada, M.Si belum lama ini.

Bahkan sejumlah industri sengaja berkunjung ke Politeknik ATI Padang. Seperti 1 bulan yang lalu, anak Perusahaan PT. Permata Hijau Group (PHG) datang untuk merekrut beberapa mahasiswa di kampus ini.

"Alhamdulillah 26 orang mahasiswa kita sudah diterima bekerja di sana, diantaranya ada yang belum tamat," beber Taufiq.

Taufiq menyebut, bahwa pihaknya selalu getol merencanakan mahasiswa yang berkuliah di Politeknik ini sebelum lulus sekitar 30 persen sudah terserap di dunia industri.

"Sekarang bulan Maret, bulan Oktober nanti mereka wisuda. Nah, menjelang bulan Oktober itu kita upayakan 30 persen mahasiswa sudah terserap industri," ujar Taufiq.

Sementara 6 bulan setelah tamat, alumni Politeknik ditargetkan terserap lebih 50 persen. Sehingga 1 tahun setelah lulus itu mereka tidak ada lagi yang menganggur. Dengan begitu tidak ada masa tunggu alumni untuk terserap di industri yang lebih dari 1 tahun.

"Tapi setelah kami pantau masih ada alumni yang enggan kerja di industri. Sebenarnya kita ingin kerja semuanya tapi karena faktor individu sehingga mereka ada yang masih mikir-mikir," tukasnya. (*)

Reporter : Milna | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]