Nissan Resmi Tutup Pabrik dan Stop Produksi Mobil di Indonesia


Ahad, 22 Maret 2020 - 19:50:24 WIB
Nissan Resmi Tutup Pabrik dan Stop Produksi Mobil di Indonesia Pabrik Nissan.

JABAR, HARIANHALUAN.COM -- Nissan, pabrikan mobil asal Jepang ini akhirnya benar-benar menyetop produksi mobilnya di Indonesia. Pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Barat, yang beberapa waktu belakangan hanya memproduksi mobil merek Datsun itu disetop dan menutup pabriknya.

"Nissan telah memutuskan untuk menghentikan produksi kendaraan di pabrik Nissan di Indonesia. Ini adalah bagian dari rencana optimisasi yang mencakup rightsizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis," kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, dalam pernyataan resminya dilansir Haluan.co (Haluan Media Group), Minggu (22/3/2020).

Nissan akan membenahi strategi bisnisnya di Indonesia. Produsen otomotif asal Jepang ini merancang reformasi strategis untuk membangun operasional yang memastikan profitabilitas yang konsisten dan berkelanjutan dalam jangka menengah. "Kami akan terus bekerja dengan mitra Aliansi kami untuk memastikan footprint manufaktur di Indonesia," sebut Sekiguchi.

Sekiguchi menegaskan, Nissan akan tetap eksis di Indonesia. Berhenti produksi bukan berarti merek asal Jepang ini hengkang dari pasar otomotif Indonesia. "Kami terus berfokus untuk memperkuat merek Nissan di Indonesia dengan terus menghadirkan model-model baru. Kami ingin menegaskan kembali komitmen berkelanjutan kami untuk menyediakan rangkaian produk Nissan dan memberikan layanan penjualan dan purnajual terbaik kepada pelanggan kami di sini," ucapnya.

Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani, menambahkan Nissan akan menyediakan rangkaian produk, termasuk meluncurkan mobil-mobil baru di Indonesia. Layanan penjualan dan purnajual pun tak terpengaruh dengan keputusan ini. "Buat konsumen, tidak ada dampaknya," ujar Hana.

Sebelumnya, isu soal Nissan menyetop produksi mobil di Indonesia sudah santer diberitakan beberapa waktu lalu. Saat itu disebutkan bahwa Nissan akan menyetop produksi mobil Datsun mulai Januari 2020. Pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Barat, memang sudah lama tidak memproduksi mobil merek Nissan lagi. Pabrik itu diketahui sempat memproduksi mobil Nissan Grand Livina.

Namun, setelah peluncuran Livina generasi terbaru yang juga kembaran Mitsubishi Xpander (Livina terbaru diproduksi di pabrik Mitsubishi sebagai bagian dari aliansi global antara Nissan dan Mitsubishi), pabrik itu hanya memproduksi mobil Datsun. Hingga akhirnya, Nissan resmi menyetop produksi mobil di pabrik tersebut awal 2020 ini. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]