Obat Corona Tak Dibenarkan Diminum untuk Pencegahan!


Ahad, 22 Maret 2020 - 21:42:12 WIB
Obat Corona Tak Dibenarkan Diminum untuk Pencegahan! Chloroquine, salah satu obat yang disebut ampuh mengatasi corona.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Juru bicara untuk Satuan Tugas Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengimbau masyarakat untuk tidak menyimpan dan mengkonsumsi obat yang dinilai bisa menyembuhkan corona atau covid-19. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut Avigan dan Chloroquine bisa untuk menyembuhkan Covid-19. Bahkan, sudah dipesan 2 juta avigan dan telah menyiapkan 3 juta Chloroquine.

Dalam pernyataanya hari ini, Minggu (22/3/2020), tanpa menyebut jenis obat, Yuri mengatakan obat untuk corona itu hanya bisa didapatkan sesuai dengan resep dokter. "Kita sudah mulai menyiapkan rumah sakit tambahan, screening test dengan rapid test, lalu obat yang sudah kita miliki. Tapi atas resep dokter, tidak dibenarkan untuk disimpan sendiri atau minum dengan konteks pencegahan," kata Yuri.

Baca Juga : Waspadai 12 Tanda Gula Darah Dalam Tubuh Sedang Tinggi

Lebih lanjut, kata Yuri, cara pencegahan yang paling baik adalah membatasi kontak dengan orang sekitar atau disebut social distancing. Lalu Yuri juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. "Jaga imunitas, agar tetap sehat, laksanakan aktivitas ringan di rumah karena makna WFH (kerja dari rumah) bukan berarti tidak melakukan aktivitas," kata Yuri.

Terkait obat untuk corona itu, Jokowi sebelumnya mengatakan obat itu sudah diuji coba di beberapa negara. "Obat ini sudah dicoba 1, 2, 3 negara dan beri kesembuhan," ujarnya Jumat (20/3/2020) lalu.

Baca Juga : Jangan Lupa Mengkonsumsi Minuman Ini Usai Menyantap Makanan Berlemak

Ia merinci obat-obatan yang sudah didatangkan ini adalah, pertama, Avigan. Pihaknya saat ini sudah mendatangkan 5.000 obat. "Dan dalam proses 2 juta. Kedua, lanjutnya, Chloroquine. Kita telah siap 3 juta," katanya.

Obat-obat ini, kata Jokowi, akan sampai di tangan pasien melalui dokter yang berkeliling dari rumah ke rumah, rumah sakit, serta puskesmas di kawasan terinfeksi. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : CNN Indonesia

BERITA POPULER Index »


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]