Obat Corona Tak Dibenarkan Diminum untuk Pencegahan!


Ahad, 22 Maret 2020 - 21:42:12 WIB
Obat Corona Tak Dibenarkan Diminum untuk Pencegahan! Chloroquine, salah satu obat yang disebut ampuh mengatasi corona.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Juru bicara untuk Satuan Tugas Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengimbau masyarakat untuk tidak menyimpan dan mengkonsumsi obat yang dinilai bisa menyembuhkan corona atau covid-19. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut Avigan dan Chloroquine bisa untuk menyembuhkan Covid-19. Bahkan, sudah dipesan 2 juta avigan dan telah menyiapkan 3 juta Chloroquine.

Dalam pernyataanya hari ini, Minggu (22/3/2020), tanpa menyebut jenis obat, Yuri mengatakan obat untuk corona itu hanya bisa didapatkan sesuai dengan resep dokter. "Kita sudah mulai menyiapkan rumah sakit tambahan, screening test dengan rapid test, lalu obat yang sudah kita miliki. Tapi atas resep dokter, tidak dibenarkan untuk disimpan sendiri atau minum dengan konteks pencegahan," kata Yuri.

Lebih lanjut, kata Yuri, cara pencegahan yang paling baik adalah membatasi kontak dengan orang sekitar atau disebut social distancing. Lalu Yuri juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. "Jaga imunitas, agar tetap sehat, laksanakan aktivitas ringan di rumah karena makna WFH (kerja dari rumah) bukan berarti tidak melakukan aktivitas," kata Yuri.

Terkait obat untuk corona itu, Jokowi sebelumnya mengatakan obat itu sudah diuji coba di beberapa negara. "Obat ini sudah dicoba 1, 2, 3 negara dan beri kesembuhan," ujarnya Jumat (20/3/2020) lalu.

Ia merinci obat-obatan yang sudah didatangkan ini adalah, pertama, Avigan. Pihaknya saat ini sudah mendatangkan 5.000 obat. "Dan dalam proses 2 juta. Kedua, lanjutnya, Chloroquine. Kita telah siap 3 juta," katanya.

Obat-obat ini, kata Jokowi, akan sampai di tangan pasien melalui dokter yang berkeliling dari rumah ke rumah, rumah sakit, serta puskesmas di kawasan terinfeksi. (*)

loading...
 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 16:03:11 WIB

    Simvastatin, Obat yang Dipercaya Ampuh Turunkan Kolesterol

    Simvastatin, Obat yang Dipercaya Ampuh Turunkan Kolesterol HARIANHALUAN.COM - Simvastatin merupakan sebuah obat yang tidak terlalu asing lagi terutama para penderita kolesterol tinggi, penyakit jantung, diabetes mellitus, ataupun stroke. Mari mengenal lebih lanjut mengenai cara beker.
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 12:19:25 WIB

    Jangan Panik Dulu, Hepatitis Bisa Dicegah dan Diobati Kok

    Jangan Panik Dulu, Hepatitis Bisa Dicegah dan Diobati Kok HARIANHALUAN.COM - Ketua PB Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia DR. dr. Irsan Hasan. Sp. PD-KGEH.FINASIM memaparkan, hepatitis merupakan penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis, perlemakan, obat-obatan, .
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 06:52:54 WIB

    Begini Cara Mengolah Ketumbar untuk Obat Diabetes

    Begini Cara Mengolah Ketumbar untuk Obat Diabetes HARIANHALUAN.COM – Ketumbar merupakan salah satu bahan dapur biasa dipakai untuk membuat olahan makanan. Menariknya, selain bisa menjadi penyedao rasa. Tennyata rempah satu ini juga dipercaya bisa mengobati diabetes. Seb.
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 19:18:26 WIB

    Sebelum Membeli, Ini 10 Jenis Obat yang Perlu Anda Ketahui

    Sebelum Membeli, Ini 10 Jenis Obat yang Perlu Anda Ketahui HARIANHALUAN.COM - Belakangan ini, terdapat banyak kata-kata yang digunakan untuk mendeskripsikan jenis obat seperti obat generik, obat paten, obat nama dagang dan masih banyak lainnya. Terkadang, pasien atau pembeli obat tid.
  • Rabu, 15 Juli 2020 - 06:35:03 WIB

    3 Obat Demam yang Bisa Dibeli Bebas Tanpa Resep di Apotek

    3 Obat Demam yang Bisa Dibeli Bebas Tanpa Resep di Apotek HARIANHALUAN.COM – Suhu tubuh manusia dapat mengalami fluktuasi sesuai dengan waktu sehari-hari, aktivitas tubuh, usia, dan kondisi kesehatan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]