Obat Corona Tak Dibenarkan Diminum untuk Pencegahan!


Ahad, 22 Maret 2020 - 21:42:12 WIB
Obat Corona Tak Dibenarkan Diminum untuk Pencegahan! Chloroquine, salah satu obat yang disebut ampuh mengatasi corona.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Juru bicara untuk Satuan Tugas Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengimbau masyarakat untuk tidak menyimpan dan mengkonsumsi obat yang dinilai bisa menyembuhkan corona atau covid-19. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut Avigan dan Chloroquine bisa untuk menyembuhkan Covid-19. Bahkan, sudah dipesan 2 juta avigan dan telah menyiapkan 3 juta Chloroquine.

Dalam pernyataanya hari ini, Minggu (22/3/2020), tanpa menyebut jenis obat, Yuri mengatakan obat untuk corona itu hanya bisa didapatkan sesuai dengan resep dokter. "Kita sudah mulai menyiapkan rumah sakit tambahan, screening test dengan rapid test, lalu obat yang sudah kita miliki. Tapi atas resep dokter, tidak dibenarkan untuk disimpan sendiri atau minum dengan konteks pencegahan," kata Yuri.

Lebih lanjut, kata Yuri, cara pencegahan yang paling baik adalah membatasi kontak dengan orang sekitar atau disebut social distancing. Lalu Yuri juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh. "Jaga imunitas, agar tetap sehat, laksanakan aktivitas ringan di rumah karena makna WFH (kerja dari rumah) bukan berarti tidak melakukan aktivitas," kata Yuri.

Terkait obat untuk corona itu, Jokowi sebelumnya mengatakan obat itu sudah diuji coba di beberapa negara. "Obat ini sudah dicoba 1, 2, 3 negara dan beri kesembuhan," ujarnya Jumat (20/3/2020) lalu.

Ia merinci obat-obatan yang sudah didatangkan ini adalah, pertama, Avigan. Pihaknya saat ini sudah mendatangkan 5.000 obat. "Dan dalam proses 2 juta. Kedua, lanjutnya, Chloroquine. Kita telah siap 3 juta," katanya.

Obat-obat ini, kata Jokowi, akan sampai di tangan pasien melalui dokter yang berkeliling dari rumah ke rumah, rumah sakit, serta puskesmas di kawasan terinfeksi. (*)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 06:21:21 WIB

    Jamu, Obat Kuat Tenaga Medis Semarang Hadapi Korona

    Jamu, Obat Kuat Tenaga Medis Semarang Hadapi Korona SEMARANG, HARIANHALUAN.COM - Para tenaga medis di Kota Semarang mulai Rabu (26/3) hari ini, mendapatkan bantuan jamu dari Pemerintah Kota. Jamu yang terdiri atas campuran rempah seperti jahe, temulawak, kunyit, sereh, kayu ma.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 19:56:40 WIB

    Tiga Obat Ini Disebut Berpotensi Ampuh Atasi Corona

    Tiga Obat Ini Disebut Berpotensi Ampuh Atasi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Hingga sekarang, para ilmuwan di seluruh dunia bekerja keras untuk mengembangkan tes, perawatan, dan vaksin untuk memerangi penyakit dari virus corona atau covid-19 yang kian menjadi pandemi globa.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 12:52:18 WIB

    Peringatan WHO, Penderita Gejala Corona Jangan Diberi Obat Ibuprofen

    Peringatan WHO, Penderita Gejala Corona Jangan  Diberi Obat Ibuprofen HEATLH,HARIANHALUAN.COM-Badan Kesehatan  Dunia  WHO telah mengeluarkan rekomendasi bagi penderita gejala infeksi virus corona (Covid-19) untuk tak mengonsumsi  asupan  ibuprof.
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 08:06:32 WIB

    Ridwan Kamil Sebut Klorokuin Obat Corona, Semanjur Apakah Pil Ini?

    Ridwan Kamil Sebut Klorokuin Obat Corona, Semanjur Apakah Pil Ini? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendorong universitas untuk meneliti klorokuin sulfat atau biasa disebut klorokuin saja. Obat malaria yang kandungannya sama seperti pohon kina ini disebutnya pun.
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 00:24:26 WIB

    Senyawa Propolis Indonesia Bisa Jadi Obat Alternatif Virus Corona

    Senyawa Propolis Indonesia Bisa Jadi Obat Alternatif Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seorang peneliti dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Muhamad Sahlan, mengembangkan senyawa propolis asli Indonesia sebagai alternatif pengobatan dan pencegahan penyebaran virus corona COVID.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM