Yuk Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini untuk Perkuat Imunitas


Senin, 23 Maret 2020 - 10:29:51 WIB
Yuk Konsumsi 5 Buah Kaya Vitamin C Ini untuk Perkuat Imunitas Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengkonsumsi makanan bergizi sangat penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Terlebih di hari-hari ini saat wabah virus corona atau Covid-19 menyerang, daya tahan tubuh yang baik diyakini dapat menjadi penangkal.

Mengonsumsi sayur dan buah segar merupakan salah satu cara untuk memperkuat imunitas selain berolahraga dan istirahat yang cukup. Sayur dan buah tidak hanya kaya vitamin, namun juga serat yang baik untuk kesehatan.

Di antara ragam zat yang dibutuhkan tubuh, salah satunya vitamin C. Dikenal juga sebagai asam askorbat, vitamin C dikenal sebagai supernutrien peningkat kekebalan setelah Linus Pauling, peraih dua kali penghargaan Nobel, memuji manfaat zat tersebut dalam serangkaian buku.

Dilaporkan Live Science, Pauling mengklaim bahwa mengonsumsi vitamin C dosis besar tidak hanya dapat mencegah flu biasa, “Tetapi juga membantu mencegah penyakit yang lebih parah seperti kanker dan penyakit jantung,” ujarnya dikutip Minggu (22/3/2020).

Vitamin C adalah salah satu pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar. Kekurangan vitamin C, bahkan bisa membuat Anda lebih rentan sakit. Anda bisa menemukan vitamin C lewat makanan, termasuk buah segar. Berikut di antaranya:

1. Jambu Biji.
Jambu biji memiliki kandungan vitamin C dibandingkan buah lainnya. Menurut myfooddata, kandungan vitamin C mencapai 228 mg per 100 gramnya.

2. Kiwi.
Buah yang identik dengan Selandia Baru ini punya ciri khas kulit berbulu agak kasar. Daging buah berwarna hijau (ada juga yang kuning/gold) memiliki rasa sedikit masa. Kandungan vitamin C mencapai 93 mg.

3. Pepaya.
Selain dikonsumsi langsung, pepaya juga kerap dijadikan jus atau disantap sebagai campuran rujak. Pepaya kaya vitamin C dengan kandungan mencapai 61 mg atau lebih tinggi dari jeruk, lho.

4. Stroberi.
Siapa tidak kenal stroberi? Buah ini kerap dijadikan jus selain dikonsumsi langsung. Tumbuh subuh di daerah berhawa dingin, stroberi juga sering dijadikan oleh-oleh. Memiliki kandungan vitamin C 59 mg.

5. Jeruk.
Banyak orang mengira selama ini buah paling kaya vitamin C yaitu jeruk. Padahal tidak demikian. Berdasarkan myfooddata, kandungan vitamin C jeruk 53 mg. Jeruk termasuk buah tropis paling populer di masyarakat. (*)

 

 Sumber : Inews /  Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]