Hangat di Badan, Ramuan Tradisional Warga Aur Mulyo ini Bisa Tingkatkan Ketahanan Tubuh Lho!


Senin, 23 Maret 2020 - 10:52:33 WIB
Hangat di Badan, Ramuan Tradisional Warga Aur Mulyo ini Bisa Tingkatkan Ketahanan Tubuh Lho! Ramuan herbal 7 rempah-rempah asli, karya warga Aur Mulyo Tanjung Sari Lembah Segar Kota Sawahlunto. Minuman tradisional sehat untuk ketahanan tubuh. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -  Minuman kesehatan tradisional menjadi primadona bagi masyarakat dalam meningkatkan stamina tubuh dalam menangkal Pandemi kasus Virus Corona atau Covid - 19. Di Sawahlunto ramuan herbal yang terdiri dari 7 bahan rempah rempah, yakni Jahe, kulit manis, gardamungu, serai, cengkeh, bunga lawang diseduh dengan gula aren menjadi minuman yang paling banyak dicari masyarakat terlebih saat waktu minum di pagi hari. Minuman ini tidak memiliki nama khusus, tapi warga yang meminumnya memberi nama ramuan herbal 7 rempah asli.

Adalah Mak Ras (49) warga Aur Mulyo Tanjung Sari Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, yang membuat ramuan 7 rempah - rempah sebagai upaya untuk menghangatkan tubuh dan obat demam. Awalnya hanya sebagai konsumsi pribadi namun karena dirasakan manfaatnya bagi warga lain, membuat Mak Ras membuat ramuan lebih banyak dan mulai dijual untuk khalayak umum.

"Mulanya ramuan ini obat demam untuk orang rumah, namun menjadi kecanduan karena badan menjadi enak dan demam pun menjadi hilang," ujar Mak Ras ditemui harianhaluan.com, Senin, 23 Maret 2020.

Mak Ras mengakui, banyaknya masyarakat tahu akan ramuan yang dibuatnya, berkat postingan dari Sekretaris Camat Lembah Segar, Subandi di media sosial facebook. Karena hampir setiap hari di posting membuat masyarakat lainnya penasaran dan ingin merasakan manfaatnya, terutama ditengah pandemi virus Covid - 19.

"Semua tentu atas izin Allah SWT, sakit dan sehat semua tentu milik Allah, namun sebagai upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, bisa didapat melalui rempah tempah asli," ujarnya.

Mak Ras menyebutkan, satu porsi ramuan dalam gelas besar di banderol Rp8.000, paling tidak dalam setiap bisa laris sebanyak 15 hingga 20 gelas.

Sementara itu, Sekretaris Camat Lembah Segar, Subandi yang hampir setiap pagi meminum ramuan ini merasakan manfaatnya, dimana badan terasa enak, penat-penat
"Berbagi manfaat untuk kemaslahatan bersama, dan juga memberikan dampak ekonomi bagi warga Aur Mulyo yang menjualnya," kata Subandi.

Selain itu lanjutnya, juga sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat untuk senantiasa menkonsumsi minuman dan makanan sehat, sehingga dapat meningkatkan ketahanan tubuh untuk menangkal berbagai kuman dan virus penyakit.

Senada dengan Subandi, Indra Syafril warga Talawi Kota Sawahlunto yang juga ikut merasakan ramuan herbal 7 rempah - rempah membenarkan manfaat bagi badannya. Hangatnya tamuan tersebut membuat badannya berkeringat dan membuat ringan dan enak terasa dibadan.

"Melihat postingan di media sosial diakun face book Subandi Arpan, membuat penasaran untuk mencobanya, dan Alhamdulillah memang hangat dan enak dibadan," katanya. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]