Tangani Virus Corona, RSUD Lubuksikaping Akui Kekurangan APD


Senin, 23 Maret 2020 - 12:34:08 WIB
Tangani Virus Corona, RSUD Lubuksikaping Akui Kekurangan APD Petugas kesehatan di RSUD Lubuksikaping menyemprotkan cairan disinfektan kepada setiap pasien di rumah sakit itu.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- RSUD Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, sudah menyiapkan ruang khusus infeksi bagi pasien diduga terpapar virus korona (Covid-19) di daerah itu. Ruangan khusus itu ditempatkan di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Meski di IGD, ruang isolasi khusus itu tertutup. Pakai kaca, pakai tekanan, pakai exhoust fan. Ruangan isolasi juga dilengkapi X ray mobiler," kata Direktur RSUD Lubuksikaping, Dr Yong Marzuhaili, saat dihubungi Haluan, Senin (23/3/3020).

Dikatakan, bagi pasien yang ada gejala terpapar Covid-19 langsung masuk ruang isolasi sebelum selanjutnya dirujuk ke rumah sakit rujukan kasus virus korona di Sumatera Barat, yakni RSAM Bukittinggi dan RSP M Djamil Padang.

"Kami akan rujuk kalau gejala seperti Covid-19. Ditangani sesuai SOP, pasien terlebih dahulu kita bawa ke ruang isolasi. Kita observasi, jika ada indikasi Covid-19, pasien langsung kita rujuk," tukasnya.

Ia mengatakan, sudah menyiapkan sejumlah petugas khusus untuk penanganan pasien dengan gejala Covid-19 di rumah sakit itu. Petugas medis tersebut sudah dibekali dengan pengetahuan seputar tata cara penanganan pasien dengan gejala terinfeksi virus mematikan itu.

"Petugas seluruhnya disiagakan dibagi 3 shift. Dalam satu shift terdiri atas 10 orang. Petugas kita lengkapi dengan APD, sesuai standar Kemenkes," katanya.

Dikatakan Yong, ketersediaan alat pelindung diri (APD) di rumah sakit itu sangat terbatas, hanya cukup untuk beberapa hari kedepan. Hal ini, menjadi kekhawatiran bagi pihaknya karena keselamatan tenaga medis di rumah sakit itu terancam.

"Terbatas, karena susah dicarinya. Meskipun ada, APD itu hanya cukup untuk beberapa hari saja. Kita sudah mencari, tapi memang barangnya yang gak ada," katanya.

Dikatakan, rumah sakit itu sangat membutuhkan sejumlah APD untuk melindungi petugas medisnya dalam penanganan wabah Covid-19 di rumah sakit itu.

Diantaranya, masker N-95 dan masker bedah, Gown (pakaian) bedah disposable, surgical cup, goggle, face shield, hand gloves (sarung tangan pendek dan panjang), sepatu boot, pembungkus sepatu, hand sanitizer serta hand wash. (*)

Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 11 Maret 2020 - 13:48:09 WIB

    Kematian Ratusan Ternak Babi di Pasaman Sudah Tertangani dengan Baik

    Kematian Ratusan Ternak Babi di Pasaman Sudah Tertangani dengan Baik PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kasus kematian ratusan ekor ternak Babi di Panti, Nagari Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, sudah tertangani dengan baik..
  • Kamis, 30 Januari 2020 - 18:33:56 WIB

    Dukung Riza Falepi Sikat Maksiat! Ratusan Jamaah Tandatangani Petisi Berantas Maksiat

    Dukung Riza Falepi Sikat Maksiat! Ratusan Jamaah Tandatangani Petisi Berantas Maksiat  PAYAKUMBUH,HARIAN HALUAN.COM—Pemko Payakumbuh mengajak Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Payakumbuh, untuk berdiskusi, membicarakan masalah Pekat. Pasalnya tidak hanya AMM yang resah, juga masyarakat dan jamaah mesjid.
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 16:45:48 WIB

    BPSK Kota Pariaman Tangani Dua Sengketa Konsumen

    BPSK Kota Pariaman  Tangani Dua  Sengketa Konsumen PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Pariaman sampai Jumat (24/1-2020) telah menerima dua laporan kasus sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha di daerah setempat..
  • Rabu, 19 Juli 2017 - 11:48:30 WIB

    SK 24 CPNS GGD Solsel Ditandatangani

    SK 24 CPNS GGD Solsel Ditandatangani SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan Surat Keputusan (SK) dan Nomor Induk Pegawai Calon Pegawai Negeri Sipil (NIP CPNS).
  • Jumat, 23 September 2016 - 02:25:05 WIB

    Dukun Beranak Dilarang Tangani Persalinan

    PASAMAN, HALUAN — Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, terus berupaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi di daerah itu..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM