Jangan Lakukan! 5 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Daya Tahan Tubuh


Senin, 23 Maret 2020 - 15:34:46 WIB
Jangan Lakukan! 5 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Daya Tahan Tubuh Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sistem daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu senjata utama dalam memerangi infeksi virus corona.

Kita mungkin mendengar banyak anjuran yang diberikan untuk memperkuat sistem imunitas tubuh. Misalnya, dengan memperbanyak makan sayuran, buah-buahan dan gandum utuh.

Namun, kita juga harus memerhatikan beberapa kebiasaan umum yang bisa memperlemah sistem daya tahan tubuh kita di tengah pandemi global ini. Apa saja?

1. Stres

Khawatir dengan situasi sekitar adalah hal yang wajar. Kamu juga mungkin merasakan stres dari hal-hal lainnya yang terjadi dalam hidup.

Namun, jika kekhawatiran dan stres itu sudah berdampak pada hal-hal kecil di sekitarmu, maka saatnya kamu mengubah kebiasaan itu.

Sebab, ketika stres dan panik tubuh akan melepaskan kortisol ke aliran darah. Kondisi ini bisa menekan sistem imun pada tubuh dan membuatmu menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Jika kamu berada ada situasi stres, cara terbaik adalah mencoba keluar dari situasi tersebut dan lakukan meditasi untuk menenangkan syarafmu.

2. Pola hidup tidak aktif

Berada pada masa social distancing bahkan lockdownseharusnya tidak menjadi alasan untuk melewatkan olahraga.

Pola hidup tidak aktif bisa mengancam sistem daya tahan tubuh. Namun olahraga berlebih juga bisa merusak sistem imun. Jadi. Cobalah dan temukan keseimbangan di antaranya.

Videeo dan informasi tentang olahraga bisa dengan mudah kita temukan di internet. Kita juga bisa mengaplikasikannya di rumah, bahkan di dalam kamar. Untuk memulai, kamu bisa mencoba melakukan peregangan dan yoga.

3. Begadang

Bisa dipahami jika masa isolasi memberikan waktu luang lebih banyak bagi sebagian orang untuk bermalas-malasan atau menonton serial favorit. Tak jarang beberapa orang begadang hingga dini hari untuk menghabiskan serial yang tengah ditontonnya.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa kita memerlukan tidur 6-8 jam sehari. Sebab, tubuh juga memerlukan waktu membangun keluatan untuk mengatasi peradangan dan infeksi selama kita tidur.

Durasi tidur memang berbeda bagi setiap orang. Namun, ketika tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda kelelahan, kamu sebaiknya beristirahat.

Untuk membantumu lebih mudah tidur di malam hari, simpanlah peralatan digital apapun satu jam sebelum tidur.

4. Merokok

Rokok tidak baik untuk tubuh. Selain merusak paru-paru, merokok juga mengacaukan sistem kekebalan tubuh dan membuatmu lebih rentan terserang flu dan infeksi virus lainnya.

Nikotin dapat meningkatkan kadar kortisol yang membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi.

Merokok juga dapat menurunkan kadar antioksidan pelindung dalam darah. Menurut Harvard Health Publishing, cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan tersebut adalah dengan secara bertahap mengurangi jumlah perokok dalam sehari.

5. Minum alkohol

Minum dan menyemprotkan alkohol ke seleruh tubuh tidak akan membunuh virus corona.

Minum alkohol secara berlebihan justru dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh karena mengganggu flora usus dan menyebabkan peradangan hati.

Penting untuk dipahami bahwa mengonsumsi alkohol dalam jumlah berapapun berbahaya bagi tubuh. Itulah sebabnya banyak pihak menyarankan untuk tidak mengonsumsinya, terutama selama pandemi virus corona.

Jadi, daripada minum alkohol, lebih baik minum air putih dengan cukup. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Maret 2020 - 08:45:02 WIB

    Jangan Semprot Disinfektan ke Badan, Bahaya!

    Jangan Semprot Disinfektan ke Badan, Bahaya! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Banyak orang yang berasumsi bahwa menyemprot tubuh dengan alkohol atau klorin dapat membunuh virus corona baru atau COVID-19. Itu karena bahan-bahan tadi banyak digunakan sebagai disinfektan..
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 14:30:16 WIB

    Perhatikan Hal Ini saat Pakai Hand Sanitizer, Jangan Dekat Api!

    Perhatikan Hal Ini saat Pakai Hand Sanitizer, Jangan Dekat Api! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Penggunaan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer marak digunakan setelah wabah virus corona merebak. Masyarakat diimbau menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun.
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 12:24:51 WIB

    Jangan Ikut-ikutan! 8 Diet Ini Bisa Bikin Cepat Kurus tapi Tidak Sehat

    Jangan Ikut-ikutan! 8 Diet Ini Bisa Bikin Cepat Kurus tapi Tidak Sehat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Diet menjadi salah satu cara yang paling banyak diikuti orang untuk mengurangi berat badan. Sayangnya, kebanyakan orang mengikuti diet yang salah sehingga menyebabkan masalah kesehatan lain..
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 07:06:48 WIB

    Bahaya..! Jangan Simpan Telur Dalam Kulkas

    Bahaya..! Jangan Simpan Telur Dalam Kulkas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kebanyakan orang pasti menyimpan bahan makanan di dalam kulkas agar tahan lama. Begitupun dengan telur yang notabene orang akan menyimpannya dalam kulkas karena lebih aman dan bisa membuat telur t.
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 04:34:39 WIB

    Jangan Asal..! Ini Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia

    Jangan Asal..! Ini Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Usia yang semakin senja tentu dibarengi dengan kondisi tubuh yang tak sebugar di masa muda dulu. Kekuatan otot juga cenderung menurun sehingga membuat kelompok lanjut usia (lansia) tak mampu menj.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM