Satlantas Polres Pasaman Gencarkan Edukasi Cegah Corona


Senin, 23 Maret 2020 - 16:48:26 WIB
Satlantas Polres Pasaman Gencarkan Edukasi Cegah Corona Salah seorang petugas Satlantas Polres Pasaman tampak memberikan selebaran yang berisi informasi dan imbauan Kapolri Jenderal Idham Azis kepada salah seorang pengguna jalan, terkait cegah tangkal virus covid-19 pada gelaran Operasi Aman Nusa II di daerah itu, Senin (23/3/2020).

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor ( Polres ) Pasaman, gencarkan kegiatan edukasi kepada masyarakat terkait upaya cegah meluasnya penyebaran virus corona di wilayah hukum polres tersebut.

"Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut perintah Kapolri Jenderal Idham Azis, yang dituangkan dalam giat Operasi Aman Nusa II untuk mengatasi sebaran virus covid-19 atau corona," kata Kasat Lantas setempat melalui Kanit Dikyasa Sat Lantas Res Pasaman, Bripka Joko Sulistio, di Lubuksikaping, Senin (23/3/2020).

Menurutnya, selain melakukan imbauan-imbauan menggunakan alat pengeras suara yang terpasang di kendaraan unit patroli baik jenis roda empat maupun roda dua, ia beserta jajarannya juga membagikan brosur yang berisi imbauan dan informasi singkat terkait corona.

Selain itu, lanjutnya, pihak dia juga terus gencar melakukan transfer informasi terkait corona melalui media massa dan media lainnya dari berbagai jenis, guna mengupayakan jangkauan yang luas dan bisa menembus seluruh segmentasi masyarakat.

Sehingga, tambahnya, masyarakat bisa memahami cara penularan dan kiat cegah dini agar tidak tertular virus mematikan tersebut.

"Kami juga mengimbau masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan agar menggunakan layanan daring, demi menghindari kontak fisik langsung dengan orang lain yang merupakan salah satu media penyebaran virus tersebut," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), pihaknya tetap memberlakukan layanan langsung dengan terlebih dahulu memenuhi standar protokol keselamatan publik dari ancaman virus corona, seperti memberlakukan jaga jarak atau social distancing dan menyediakan cairan anti kuman atau lazim disebut hand sanitizer di pusat pelayanan pembuatan sim tersebut.

"Pada kesempatan ini kami kembali mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap mematuhi seluruh seruan dari pihak berwenang demi menjaga keselamatan bersama, tetap patuhi aturan lalu lintas dan jangan abaikan bahaya virus corona," imbaunya.

Pantauan Harianhaluan.com, meskipun gencar diberitahukan tentang bahaya virus corona namun sebagian besar masyarakat daerah itu belum mengindahkan seluruh materi protokol standar keselamatan dalam upaya cegah tangkal corona.

Hal itu terlihat dari masih digelarnya pesta pernikahan di sejumlah titik dengan mengumpulkan banyak orang dan nyaris tidak menghiraukan pentingnya gerakan social distancing, tidak menyediakan hand sanitizer dan tidak terlihat dalam pengawasan petugas berwenang terkait corona, seperti pengecekan suhu tubuh bagi para undangan yang hadir. (*)

Reporter : Rully /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]