DPRD Mentawai Dorong Instansi Terkait Bantu Nelayan Pukarayat


Senin, 23 Maret 2020 - 18:09:36 WIB
DPRD Mentawai Dorong Instansi Terkait Bantu Nelayan Pukarayat Juni Arman Ketua Komisi II DPRD Mentawai. Ist

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Dusun Pukarayat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, memiliki potensi ikan yang cukup banyak, namun sayangnya masyarakat nelayan di sana masih banyak menggunakan alat tangkap tradisional, sehingga hasil tangkapan tidak mampu meningkatkan ekonomi.

Hal itu merupakan keluhan yang disampaikan warga Pukarayat kepada anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai saat melakukan reses dan menjemput aspirasi masyarakat baru-baru ini.

"Di perairan laut Mentawai ini lumbungnya ikan khusus diperairan laut Pukarayat, untuk itu kedepan kita akan mengakomodir kebutuhan kelompok nelayan dan akan berkoordinasi dengan instansi terkait, namun tentu secara bertahap, sesuai dengan skala prioritasnya," ungkap Juni Arman  Ketua Komisi II DPRD Mentawai kepada wartawan baru-baru ini di Tuapejat.  

Selain itu kata Juni Arman masih banyak usulan dari masyarakat seperti renovasi rumah sekolah yang sudah tampak banyak yang rusak, infrastruktur jalan dari Pusat Kabupaten ke Dusun Berkat dan Pukarayat, kemudian penerangan listrik dan air bersih.

"Masukan dari masyarakat akan di tindaklanjuti, namun yang paling urgen itu gedung sekolah SDN 26 Tuapejat, yang terlihat kerusakan jendela, lantai dan lainnya, kemudian terkait sektor peningkatan ekonomi masyarat seperti kelompok nelayan," paparnya.

Ia menyebutkan meskipun berada di wilayah Desa Tuapejat, namun dua dusun ini yakni Berkat dan Pukarayat termasuk daerah yang terisolir, dimana infrastruktur yang masih sangat jauh tertinggal, seperti listrik dan jalan serta sarana kesehatan dan pendidikan. 

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Pukarayat, diluar dari usulan masyarakat, kata dia melaui dana pokok pikiran (Pokir) pihaknya akan mengusulkan dermaga mini, guna memudahkan masyarakat nelayan, saat melabuhkan  perahunya. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM