Ketua DPRD Mentawai Minta Pemerintah Tinjau Bantuan Pertanian


Senin, 23 Maret 2020 - 18:12:40 WIB
Ketua DPRD Mentawai Minta Pemerintah Tinjau Bantuan Pertanian Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok.

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai untuk meninjau kembali kelompok Masyarakat yang menerima bantuan ternak sapi dan bantuan alat pertanian lainnya. Guna memastikan bantuan tersebut masih dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

"Hampir tiap tahun ada bantuan, tetapi tidak nampak perkembangannya, hal ini harus diverifikasi ulang oleh Dinas terkait dan dalam waktu dekat kita akan bahas dan akan panggil dinas terkait," katanya kepada wartawan baru-baru ini di ruang kerjanya.

Ia menyebutkan dikhawatirkan bantuan tersebut hanya dikelolah oleh satu orang, sehingga dampaknya tidak dirasakan masyarakat lainnya, " jangan-jangan hanya dikelolah hanya satu orang, yang namanya kelompok tentu harus dikelola bersama, ini yang harus kita betulin," imbuhnya.

Terpisah, Sekertaris Dispangtan Mentawai Zakirman kepada Haluan menyebutkan pihaknya saat ini memang sedang melakukan pendataan ulang dan melakukan survei kelapangan guna memastikan kelompok masyarakat aktif baik sebagai peternak atau petani.

"Kita sudah menugaskan anggota untuk mendata kembali kelompok masyarakat petani, karena kita juga ingin memetakan potensi tani, sekarang ini kita belum bisa memetakan potensi komoditas di masing-masing wilayah, karena tidak ada petani yang fokus pada satu pertanian sifatnya masih tradisional, dalam satu area terdapat banyak jenis tanaman," paparnya.

Meskipun demikian pihaknya akan berupaya memetakan potensi tanaman di masing-masing wilayah, sehingga memudahkan pemerintah untuk mengambil kebijakan dalam membanguan sektor pertanian. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]