Alasan 14 Hari di Rumah Saja Bisa Selamatkan Ribuan Orang dari Virus Corona


Senin, 23 Maret 2020 - 19:47:02 WIB
Alasan 14 Hari di Rumah Saja Bisa Selamatkan Ribuan Orang dari Virus Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Untuk menanggulangi virus corona atau COVID-19, pemerintah telah mengimbau kepada masyarakat untuk belajar, beribadah dan bekerja di rumah atau Work From Home (WFH). Imbauan ini terkait dengan anjuran untuk tetap berada di rumah selama 14 hari.

Pertanyaan yang mungkin muncul di benak banyak orang adalah, kenapa 14?

Dikutip dari jakarta.go.id, berikut kenapa 14 hari di rumah saja bisa menyelamatkan ribuan orang dari virus corona :

14 Hari

- 14 hari adalah waktu inkubasi virus Covid-19

- 14 Hari mampu menghentikan laju penularan.

- Bila ada yang tertular, diam di rumah selama 14 hari dapat memotong rantai penularan. Diam di rumah dan tetap produktif dalam pagar rumah sendiri

- Jangan lupa rajin cuci tangan. Gunakan tisu untuk tutup mulut jika batuk. Buang tisu di bak sampah tertutup. Terapkan pola hidup sehat dengan makan bergizi dan olahraga.

- Manfaatkan 14 harimu agar tidak menjadi pembawa virus

Ada pula penjelasan melalui video yang diunggah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di akun Instagram pribadinya mengenai pentingnya 14 hari di rumah saja dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dikutip akun Instagram, @ganjarpranowo, berikut kenapa 14 hari di rumah saja bisa menghentikan virus corona dari dr Reisa Broto Asmoro :


1. Ketika seseorang kontak dengan apapun yang bisa menginfeksinya dengan COVID-19, maka seseorang tersebut harus menunggu selama 14 hari (minimal). Jika tidak terjadi apa-apa, maka orang tersebut aman.

2. Libur 14 hari untuk memotong rantai penularan, ini baru akan berhasil jika semua orang tetap tinggal di rumah masing-masing selama 14 hari itu, kenapa harus begitu?

Seorang anak mulai libur 16 Maret selama 14 hari, dia akan masuk sekolah lagi pada hari ke-15

Ternyata anak ini dan keluarganya menggunakan waktu libur untuk jalan-jalan, mengunjungi keramaian, sekumpulan orang, ke mal, serta tempat wisata lainnya.

Seandainya dia jalan-jalan di hari ke-10 dan tertular COVID-19 di tempat yang ia kunjungi, mungkin pada hari ke-14 atau ke-15 belum ada tanda-tanda sakit. Tetapi dia sudah membawa COVID-19 di tubuhnya dan berpotensi menularkannya ke orang lain.

Andai dia masuk sekolah pada hari ke-15 dan seterusnya...Maka 14 hari libur sekolahnya itu tidak ada gunanya. Karena penularan terjadi juga di sekolah. Efek domino akan berlangsung, rantai penularan tidak terputus.

3. Waktu 14 hari itu berguna untuk saling pantau. Jika ada orang yang menunjukkan gejala-gejala menderita serangan COVID-19 bisa segera ditangani dan penularan hanya stop pada dia. Karena dia tidak ada kontak dengan orang lain dalam 14 hari itu.(*)

loading...
 Sumber : okezone /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 08:19:46 WIB

    Banyak Serangan Jantung Terjadi Saat Gowes, Ternyata Ini Alasannya

    Banyak Serangan Jantung Terjadi Saat Gowes, Ternyata Ini Alasannya HARIANHALUAN.COM - Saat ini, bersepeda atau gowes sudah menjadi primadona di tengah pandemi virus Covid-19. Ini pun menandakan bahwa makin banyak orang sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. Banyak diantaranya menggunakan se.
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 18:16:16 WIB

    Jangan Pakai Masker Terlalu Tebal, Ini Alasannya

    Jangan Pakai Masker Terlalu Tebal, Ini Alasannya HARIANHALUAN.COM - Masker kain menjadi salah satu masker yang paling banyak diminati masyarakat. Selain modelnya yang beragam, masker kain juga termasuk masker yang dianjurkan untuk mencegah paparan virus Corona COVID-19..
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 22:54:27 WIB

    Alasan Konsumsi Madu Sangat Penting, Nomor 3 Sungguh Luar Biasa!

    Alasan Konsumsi Madu Sangat Penting, Nomor 3 Sungguh Luar Biasa! HARIANHALUAN.COM - Di tengah pandemi Covid-19 kita harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh dan mental kita. Sebab dengan menjaga kesehatan tubuh maka kita menekan potensi terkena Covid-19..
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 06:26:01 WIB

    WHO Anjurkan Lepas Masker saat Olahraga, Apa Alasannya?

    WHO Anjurkan Lepas Masker saat Olahraga, Apa Alasannya? HARIANHALUAN.COM - Di tengah pandemi virus Corona COVID-19, semua orang disarankan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah demi mencegah penularan. Namun, sebagian dari kita mungkin merasa tak nyaman bila harus tetap .
  • Selasa, 16 Juni 2020 - 17:41:54 WIB

    Vaksin Covid-19 Perdana Diprediksi tak Beri Proteksi Penuh, Ini Alasannya

    Vaksin Covid-19 Perdana Diprediksi tak Beri Proteksi Penuh, Ini Alasannya HARIANHALUAN.COM - Sebuah laporan baru-baru ini mengatakan bahwa kondisi perekonomian yang memburuk, sebagai dampak pandemi virus corona jenis baru (Covid-19), dapat menghasilkan vaksin yang lebih lemah atau tak sesuai harapa.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]