Tangkal Penyebaran Covid-19, Mulyadi: Pemerintah Harus Segera Lakukan Tes Massal


Senin, 23 Maret 2020 - 20:14:57 WIB
Tangkal Penyebaran Covid-19, Mulyadi: Pemerintah Harus Segera Lakukan Tes Massal Calon Gubernur (Cagub) Sumbar Mulyadi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Mulyadi mengimbau pihak pemerintah pusat maupun daerah untuk menyegerakan melakukan tes virus Covid-19 atau corona secara massal. Hal ini bertujuan agar penyebaran virus tersebut di masyarakat dapat terpantau.

"Saya mengimbau pemerintah daerah maupun pusat untuk segera melakukan tes masal di masyarakat, ini agar kita mengetahui sejauh mana virus corona telah menyebar," imbau Mulyadi.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Calon Gubernur (Cagub) Sumbar Mulyadi mengatakan setelah hasil tes keluar, pemerintah pusat dan daerah diharapkan saling bekerja sama dan menjaga komunikasi secara intens untuk mengambil tindakan berdasarkan hasil tersebut. Dengan demikian diharapkan dapat mencegah penyebaran virus corona di masyarakat.

"Dari hasil tes kita bisa tau sejauh mana virus ini sudah menyebar dan berdasarkan hasil tersebut pemerintah harus bertindak cepat mengambil tindakan pencegahan selanjutnya yang efektif agar tidak bertambah luas," ujarnya.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

Selain itu, Anggota Komisi III DPR RI Mulyadi juga mendorong agar pemerintah pusat menanggung secara penuh pembiayaan pengobatan masyarakat yang telah diketahui terpapar virus corona. Ia tidak ingin masyarakat yang terpapar virus tersebut kembali dipusingkan dengan pembiayaan perawatan dan pengobatan dari RS.

"Pemerintah juga harus membebaskan biaya perawatan dan pengobatan pada pasien yang terpapar virus corona ini, virus ini merupakan pandemi dunia yang belum ditemukan obatnya, tolong pemerintah jangan membebankan pembiayaan penanganan kepada masyarakat kita," tuturnya.

Baca Juga : Capai Swasembada Pangan, Rusma Yul Anwar Tanam Padi dengan Masyarakat

Ia juga menambahkan agar tidak ada masyarakat yang mengambil untung dari pandemi virus corona saat ini. Mulyadi tak ingin masyarakat menimbun alat-alat kesehatan seperti sarung tangan, masker dan hand sanitizer sehingga menyebabkan lonjakan harga pasar dan menyebabkan kelangkaan.

Untuk itu itu ia juga mengimbau pihak penegak hukum yakni kepolisian untuk sering melakukan oprasi pasar. Oprasi pasar juga tak hanya dilakukan di tempat perbelanjaan saja namun juga dengan mendatangi langsung pabrik atau pihak yang mendistribusikan alat-alat kesehatan.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 57, Sembuh 50, dan Meninggal Dunia 2 Orang

"Disinyalir masih banyaknya terjadi penimbunan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dalam memanfaatkan situasi seperti ini. Oleh karena itu kepolisian harus melakukan pengecekan ke pabrik, distributor dan lainnya untuk mencegah kelangkaan dan lonjakan harga pasar," kata dia.

Terakhir, Mulyadi menyarankan agar seluruh lapisan masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Jika terpaksa berkegiatan di luar rumah, masyarakat diharapkan mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus corona dengan memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, menghindari keramaian dan menjaga kebersihan badan terutama tangan serta wajah.

"Masyarakat saya imbau untuk tetap berada di rumah untuk mengindari terpapar virus corona. Jika terpaksa ikuti protokol pencegahan penyebaran virus yang telah dikeluarkan untuk kebaikan bersama. Insya Allah pandemi ini akan segera kita lewati dengan saling bekerja sama," pungkas Mulyadi.(*)

Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]