Tangkal Penyebaran Covid-19, Mulyadi: Pemerintah Harus Segera Lakukan Tes Massal


Senin, 23 Maret 2020 - 20:14:57 WIB
Tangkal Penyebaran Covid-19, Mulyadi: Pemerintah Harus Segera Lakukan Tes Massal Calon Gubernur (Cagub) Sumbar Mulyadi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Mulyadi mengimbau pihak pemerintah pusat maupun daerah untuk menyegerakan melakukan tes virus Covid-19 atau corona secara massal. Hal ini bertujuan agar penyebaran virus tersebut di masyarakat dapat terpantau.

"Saya mengimbau pemerintah daerah maupun pusat untuk segera melakukan tes masal di masyarakat, ini agar kita mengetahui sejauh mana virus corona telah menyebar," imbau Mulyadi.

Calon Gubernur (Cagub) Sumbar Mulyadi mengatakan setelah hasil tes keluar, pemerintah pusat dan daerah diharapkan saling bekerja sama dan menjaga komunikasi secara intens untuk mengambil tindakan berdasarkan hasil tersebut. Dengan demikian diharapkan dapat mencegah penyebaran virus corona di masyarakat.

"Dari hasil tes kita bisa tau sejauh mana virus ini sudah menyebar dan berdasarkan hasil tersebut pemerintah harus bertindak cepat mengambil tindakan pencegahan selanjutnya yang efektif agar tidak bertambah luas," ujarnya.

Selain itu, Anggota Komisi III DPR RI Mulyadi juga mendorong agar pemerintah pusat menanggung secara penuh pembiayaan pengobatan masyarakat yang telah diketahui terpapar virus corona. Ia tidak ingin masyarakat yang terpapar virus tersebut kembali dipusingkan dengan pembiayaan perawatan dan pengobatan dari RS.

"Pemerintah juga harus membebaskan biaya perawatan dan pengobatan pada pasien yang terpapar virus corona ini, virus ini merupakan pandemi dunia yang belum ditemukan obatnya, tolong pemerintah jangan membebankan pembiayaan penanganan kepada masyarakat kita," tuturnya.

Ia juga menambahkan agar tidak ada masyarakat yang mengambil untung dari pandemi virus corona saat ini. Mulyadi tak ingin masyarakat menimbun alat-alat kesehatan seperti sarung tangan, masker dan hand sanitizer sehingga menyebabkan lonjakan harga pasar dan menyebabkan kelangkaan.

Untuk itu itu ia juga mengimbau pihak penegak hukum yakni kepolisian untuk sering melakukan oprasi pasar. Oprasi pasar juga tak hanya dilakukan di tempat perbelanjaan saja namun juga dengan mendatangi langsung pabrik atau pihak yang mendistribusikan alat-alat kesehatan.

"Disinyalir masih banyaknya terjadi penimbunan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dalam memanfaatkan situasi seperti ini. Oleh karena itu kepolisian harus melakukan pengecekan ke pabrik, distributor dan lainnya untuk mencegah kelangkaan dan lonjakan harga pasar," kata dia.

Terakhir, Mulyadi menyarankan agar seluruh lapisan masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Jika terpaksa berkegiatan di luar rumah, masyarakat diharapkan mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus corona dengan memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, menghindari keramaian dan menjaga kebersihan badan terutama tangan serta wajah.

"Masyarakat saya imbau untuk tetap berada di rumah untuk mengindari terpapar virus corona. Jika terpaksa ikuti protokol pencegahan penyebaran virus yang telah dikeluarkan untuk kebaikan bersama. Insya Allah pandemi ini akan segera kita lewati dengan saling bekerja sama," pungkas Mulyadi.(*)

 Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 16:18:03 WIB

    Tangkal Virus Corona, RSUD M Zein Painan Siapkan 3 Ruang Isolasi

    Tangkal Virus Corona, RSUD M Zein Painan Siapkan 3 Ruang Isolasi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Zein Painan telah menyiapkan tiga ruangan isolasi dan 30 dokter untuk pasien ODP dan PDP.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 23:59:05 WIB

    PWI Pesisir Selatan Apresiasi Upaya Pemkab Pessel Tangkal Corona

    PWI Pesisir Selatan Apresiasi Upaya Pemkab Pessel Tangkal Corona PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesisir Selatan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, bersama instansi terkait yang telah melakukan berbagi upaya dalam pence.
  • Jumat, 20 Maret 2020 - 19:10:27 WIB

    Begini Cara 'Asyik' Masyarakat Koto Rawang Tangkal Corona

    Begini Cara 'Asyik' Masyarakat Koto Rawang Tangkal Corona PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Meskipun marak isu virus Carona di berbagai daerah, namun tidak membuat ciut masyarakat Nagari Koto Rawang Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan secara terpadu melaksanakan kerja bakti melakukan pember.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 08:03:14 WIB

    Mantap! Begini Persiapan Pemkab Dharmasraya Tangkal Serangan Corona

    Mantap! Begini Persiapan Pemkab Dharmasraya Tangkal Serangan Corona DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemkab Dharmasraya untuk mengantisipasi merebaknya penyebaran virus COVID 19. Salah satunya adalah dengan membagikan alat semprot disinfektan ke beberapa pen.
  • Jumat, 28 Desember 2018 - 10:15:43 WIB

    Gebu Minang Tangkal Hoaks

    Gebu Minang Tangkal Hoaks PADANG, HARIANHALUAN.COM – Gebu Minang melakukan seminar nasional tentang upaya menangkal hoaks dan ujaran kebencian dalam rangka memperingati HUT Gebu Minang ke-29, di Buana Lestari Hotel Syariah, Kamis (27/12). Orang Mina.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM