987 CPNS Dinyatakan Lulus Seleksi Kompetensi Dasar di Pemkab 50 Kota


Senin, 23 Maret 2020 - 20:43:55 WIB
987 CPNS Dinyatakan Lulus Seleksi Kompetensi Dasar di Pemkab 50 Kota Ilustrasi

SARILAMAK, HARIANHALUAN.COM - Hari ini, Senin (23/3), Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota secara resmi telah mengumumkan Tentang Penetapan Pelamar yang Dinyatakan Lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil.

Berdasarkan Nomor Surat : 021/PANSELCPNS/LPK/2020 seluruh yang lulus benar-benar sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya masing -masing dan memenuhi ambang batas untuk SKD.

"Peserta yang lulus telah memenuhi ambang batas (passing grade) sesuai dengan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019," ucap Budi Aneta Putra, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Limapuluh Kota.

Mereka yang lolos SKD tersebut, katanya, merupakan hasil dari perengkingan tim Panitia Seleksi Nasional Badan Kepegawaian Negara. Dirinci Budi, ada 987 CPNS yang dinyatakan lulus sesuai ambang batas. Dari 987 tersebut, nantinya akan diseleksi lagi untuk mencari 363 CPNS.

"Farmasi kita dibutuhkan sebenarnya sebanyak 365 orang. Tetapi ada satu formasi yang tidak ada peminatnya. Seperti formasi teknik penyehatan lingkungan dengan kualifikasi pendidikan S1 Kesling 1 orang. Ini kosong pelamar. Kemudian ada formasi yang hanya 1 pelamar padahal kebutuhan disana 2 orang disana. Seperti formasi perawat anestesi. Dengan berkurangnya peminat diformasi ini sehingga kebutuhan CPNS jadi berkurang. Dari 365 menjadi 363," terang alumni STPDN tersebut.

Untuk proses selanjutnya, kata Budi, Pemkab Limapuluh Kota  masih menunggu arahan serta petunjuk dari Pemerintah Pusat terkait seleksi tahap berikutnya. Yakni Seleksi Kompetensi Bidang. “Untuk jadwal selanjutnya, kita masih menunggu dikarnakan dengan kondisi sekarang kita sedang dilanda musibah Covid -19.  Panselnas tentunya menunggu informasi dulu dari pusat," ucapnya lagi.

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi merasa bersyukur terlaksanakanya proses penerimaan CPNS di Limapuluh Kota dengan baik. “Alhamdulillah, untuk tahap pertama, yakni tes untuk Kompetensi Dasar pengumumannya sudah keluar," ucap bupati. 

Kata Irfendi Arbi, mereka yang lulus SKD tersebut, benar-benar karena kemampuan. Bukan karena adanya bantuan dari pihak-pihak tertentu seperti isu-isu yang beredar selama ini. "Yang lulus ini, murni dari hasil tes yang mereka ikuti secara akuntabel dan transparan," tegas bupati.

Kemudian, Irfendi Arbi mengatakan untuk jadwal SKB, Pemkab Limapuluh Kota menunggu keputusan dari Panitia Seleksi Nasional. Hal itu disebabkan karena adanya wabah virus Corona. Sehingga tahapan CPNS diundur sampai waktu yang belum ditentukan.(*)

Reporter : Dadang Esmana /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM