Kabar Baik! Besok Laboratorium Biomedik Unand Mulai Uji Sampel Corona


Senin, 23 Maret 2020 - 21:03:48 WIB
Kabar Baik! Besok Laboratorium Biomedik Unand Mulai Uji Sampel Corona Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menilai hal ini merupakan kemajuan yang luar biasa bagi Sumbar dalam bertindak. Karena adanya laboratorium biomedik Unand yang bisa berfungsi untuk mendiagnosa pasien suspect Corona, dan telah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan.

"Dengan adanya lab ini maka semuanya yang ODP bisa diperiksa. Ketika ketauan positif langsung maka mereka langsung dikarantina sebagai PDP. Mudahan-mudahan besok sudah bisa," kata Irwan usai rapat Koordinai Penanggulangan Covid 19 di Auditorium Gubernuran, Senin ( 23/3/2020).

Irwan menyebutkan, laboratorium Unand sudah miliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR) atau genome sequencing. Selain itu juga punya peralatan semuanya untuk pemeriksaan corona ini. Saat ini menunggu reagen dari pusat, dia berharap, secepatanya sudah sampai ke Unand.

"Jadi kita tidak lagi uji sampel ke laboratorium Kementerian Kesehatan RI. Hasil uji sampel yang dites di laboratorium ini nantinya bisa keluar dalam sehari. RS Unand telah menyiapkan sebanyak tujuh unit ruangan yang bisa dimanfaatkan," ujar Irwan.

Irwan juga berharap keakuratannya yang di keluarkan RS Unand harus lebih menjamin. Jangan sampai salah dianogsa. Hingga kini, sebut Irwan, status masih rendah, karena Sumbar belum ditemukan kasus virus corona.

"Merujuk dari menteri pendidikan kita masih rendah. Jumlah ODP tidak ribuan lagi jumlahnya, sudah ratusan. Sedangkan yang dikirim ke lab 16, hasilnya belum keluar," terang Irwan.

Kendati demikian, Irwan menyebut, saat ini masih memaksimalkan rumah sakit yang ada. Seperti, RSUP M. Djamil, RS Unand, RS Achmad Muchtar, TNI. Jika tidak cukup, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan RS di Bandar Buat, serta RSUD dr. Rasidin. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM