Alhamdulillah, Belum Ada Pasien Positif Corona di Sumbar


Senin, 23 Maret 2020 - 21:28:31 WIB
Alhamdulillah, Belum Ada Pasien Positif Corona di Sumbar Foto/AyoBandung.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyebutkan, hingga saat ini, Sumbar belum ada pasien yang positif virus Corona atau Covid-19. Adanya Pasien Dalam Pengawasan (PDP), spesimen pasien yang dirawat di ruang isolasi RS Ahmad Mochtar Bukittinggi hasilnya negatif.

"Dia hanya mengalami pneumonia biasa dan sudah ada riwayat penyakit penyerta sebelumnya," tegas Irwan usai rapat Koordinai Penanggulangan Covid 19 di Auditorium Gubernuran, Senin ( 23/3/2020).

Meski demikian, kata Irwan, pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Covid-19. Termasuk meminta rumah sakit di daerah menyiapkan ruang isolasi. Kemudian, persiapan kamar mandi rumah sakit yang sesuai dengan SOP dari protokol kesehatan.

"Hal ini guna mengantisipasi apabila dua rumah sakit rujukan, yakni RS M. Djamil Padang dan RS Achmad Mucktar Bukittinggi. Sebagai menopang beban dari RS tersebut. Semua ini dilakukan semata sebagai langkah antisipasi," ujar Irwan.

Saat ini kata Irwan lagi, petugas medis di Sumbar tengah berupaya keras menekan penyebaran virus di provinsi itu. Sementara terkait pasien PDP masih menunggu hasil laboratorium pemeriksaan swab tenggorokan dan hidung dari pusat.

"Kita masih menunggu spesimen dari Laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan untuk mendiagnosa bagaimana hasilnya. Karena sifatnya nasional masih tunggu antrian," ungkapnya. (*)

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Reporter : Milna | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]