5 Trik Sulap Mi Instan Jadi Lebih Nikmat


Senin, 23 Maret 2020 - 22:33:52 WIB
5 Trik Sulap Mi Instan Jadi Lebih Nikmat Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mi instan adalah jenis pangan yang akrab di pelbagai kalangan. Adonan dari tepung ini kadang jadi kawan kala Anda butuh ngemil, apalagi di tengah hujan. Atau juga, mi instan kerap jadi pilihan saat-saat 'tanggal tua'.

Makanan ini pun kerap jadi stok bahan pangan rumah tangga selain telur dan beras. Termasuk, saat sosial distancing pun, sebagian orang menyediakan mi instan di rumah sekadar untuk berjaga. Karena meraciknya pun bisa dengan ringkas dilakukan. Hanya saja Anda perlu mengingat, untuk membatasi konsumsi mi instan. Apapun yang berlebihan kan tidak baik untuk tubuh.

Umumnya, agar lebih lezat kadang orang menggunakan telur atau kornet sebagai padanan. Namun ini tampak biasa saja. Anda bisa memperoleh mi instan dengan telur, kornet atau sosis di warung sebelah rumah. Ada beberapa trik agar mi instan Anda lebih nikmat dan istimewa.

1. Campur potongan sayur
Mi instan memang terdengar tidak menyehatkan. Namun menambahkan potongan sayuran mungkin bisa mengurangi rasa bersalah saat menyantapnya.

Manfaatkan saja sayuran yang Anda miliki di kulkas seperti jagung manis, bok choy, kubis, sawi atau brokoli. Anda tidak memerlukan panci lagi untuk memasak sayuran ini. Untuk sayuran yang agak keras, masak terlebih dahulu hingga setengah empuk, baru kemudian masukkan mi beserta bumbu.

Sedangkan untuk sayuran berupa dedaunan tipis, masukkan saat mi sudah setengah matang. Ini akan membuat keduanya matang bersamaan. Tak perlu terlalu lama agar tekstur dan nutrisinya tetap bertahan.

2. Minyak ikan atau minyak wijen
Ingin rasa yang lebih kaya? Jangan ragu memanfaatkan minyak ikan atau minyak wijen. Di sebagian negara Asia, juga menggunakan arak beras sebagai bumbu.

Untuk memberikan rasa pedas, Anda bisa menambahkan sambal ulek atau saus cabe. Melansir dari berbagai sumber, Anda bahkan bisa menambahkan selai kacang untuk memberikan rasa mirip seperti makanan Thailand.

3. Rempah
Yang membuat mi instan begitu menarik adalah pada kepraktisan dan rasanya. Agar aromanya makin mantap, Anda bisa menambahkan rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, daun bawang, atau daun cilantro.

4. Sedikit protein tambahan
Telur merupakan sumber protein yang mudah diperoleh. Tak ada telur? Tahu putih bisa Anda jadikan pilihan. Potongan tahu putih akan membuat mi instan terutama mi kuah akan makin istimewa.

Tahu sebaiknya dipotong dadu agar memudahkan bumbu meresap. Anda pun bisa menggoreng tahu terlebih dahulu sebelum dicampur pada mi. Cukup goreng setengah matang.

Selain tahu, pilihan yang tak kalah lezat adalah daging ayam, daging sapi atau bacon.

5. Panggang agar renyah
Barangkali cara ini belum banyak diterapkan. Pertama, sebelum mi benar-benar matang, angkat dan pisahkan dengan kuahnya. Kemudian, tempatkan mi pada wadah tahan panas atau siapkan wadah dan beri lapisan alumunium foil.

Panaskan mi di oven atau microwave selama beberapa menit. Jika Anda menggunakan oven, panaskan dengan suhu sedang selama 1-2 menit saja.

Terakhir, keluarkan mi dan siram dengan kuah. Anda akan memperoleh mi dengan tekstur renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]