Fraksi PAN Minta Rapid Test Anggota DPR RI Dibatalkan


Selasa, 24 Maret 2020 - 07:45:41 WIB
Fraksi PAN Minta Rapid Test Anggota DPR RI Dibatalkan Anggota F-PAN DPR RI, Zainuddin Maliki.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) DPR menolak untuk melakukan rapid test kepada anggota DPR dan juga keluarganya. PAN memandang keselamatan tenaga medis dan masyarakat yang terpapar harus diutamakan. Hal itu disampaikan oleh Anggota DPR dari F-PAN Zainuddin Maliki dari daerah pemilihan Jatim X dalam keterangannya, Senin (22/3/2020).

Di tengah situasi seperti ini, semua pihak harus cerdas dan arif dalam menetapkan skala prioritas penanganan virus corona. “Saya agak terkejut mendengar usulan itu. Tiba-tiba kok malah anggota DPR dan keluarganya yang diutamakan. Padahal, jelas kasat mata, banyak tenaga medis dan masyarakat yang terpapar. Merekalah yang lebih penting untuk didahulukan," kata Zainuddin.

“Saya yakin ada perasaan tidak enak pada teman-teman anggota. Apalagi, ini bukanlah kebijakan formal DPR. Ini adalah usulan dan kebijakan sepihak kesekjenan DPR. Saya tahu para anggota DPR lebih mengutamakan tenaga medis dan masyarakat yang terpapar yang perlu mendapat perhatian," tegasnya dilansir Haluan.co (Haluan Media Group).

Atas dasar itu, sebaiknya rencana rapid test pada anggota DPR dan keluarganya dibatalkan. Saat ini, masyarakat banyak menyorot kinerja pemerintah dan DPR. Lebih baik jika DPR fokus mencari jalan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kompleks penanganan virus corona ini.

“Kalau mau mengadakan test, silahkan laksanakan secara sendiri-sendiri. Itu adalah hak. Tidak ada yang bisa melarang. Tetapi kalau dilaksanakan kolektif itu tidak baik. DPR dinilai hanya mau menyelamatkan diri sendiri dan keluarganya," katanya.

Agar isu rapid test bagi anggota DPR dan keluarganya tidak berlarut-larut, pimpinan DPR sebaiknya segera meminta agar kesekjenan membatalkan kegiatan tersebut. Meskipun belakangan disebut bahwa anggarannya adalah hasil sumbangan pimpinan dan anggota, namun tetap saja masyarakat merasa ada kejanggalan. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 29 Agustus 2019 - 20:28:30 WIB

    Pemindahan Ibu Kota Batal Jika Tak Disepakati Fraksi-fraksi DPR

    Pemindahan Ibu Kota Batal Jika Tak Disepakati Fraksi-fraksi DPR JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon menegaskan, rencana Presiden Jokowi memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur bisa batal jika fraksi-fraksi di DPR RI .
  • Rabu, 15 Mei 2019 - 20:37:58 WIB

    Fraksi Partai Golkar Tolak Pembentukan Pansus Pemilu 2019

    Fraksi Partai Golkar Tolak Pembentukan Pansus Pemilu 2019 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Fraksi Partai Golkar DPR menolak dibentuknya Pansus Pemilu 2019, karena proses tahapan Pemilu telah dituntaskan sesuai prosedur dan aturan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan PKPU serta Bawasl.
  • Jumat, 20 Januari 2017 - 11:12:12 WIB

    Masalah Danau Maninjau, Segera Dibahas Lintas Fraksi di DPR RI

    Masalah Danau Maninjau, Segera Dibahas Lintas Fraksi di DPR RI JAKARTA, HALUAN - Komisi II DPR menilai penanganan persoalan yang terjadi di Danau Maninjau sekarang ini melibatkan banyak sektor dan karena itu pula di pembahasan di DPR juga melibat lintas komisi..
  • Selasa, 12 April 2016 - 03:06:37 WIB

    PKS Rombak Pengurus Fraksi dan Komposisi AKD

    PKS Rombak Pengurus  Fraksi dan Komposisi AKD JAKARTA, HALUAN — Fraksi PKS di DPR merombak pim­pi­nan dan anggota Alat Ke­leng­kapan Dewan dari F-PKS, de­ngan pertimbangan penye­garan di masing-masing komisi..
  • Selasa, 02 Februari 2016 - 02:55:47 WIB

    Enam Fraksi Usulkan Revisi UU KPK

    JAKARTA, HALUAN — Re­visi Undang-Undang No­mor 20 Tahun 2003 tentang Komisi Pemberantasan Ko­rupsi mulai dibahas dalam rapat harmonisasi Badan Legislasi di Kompleks Par­lemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/2)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM