Stok Blanko Terdampak Corona, Masyarakat Diberi Surat Keterangan Pengganti e-KTP


Selasa, 24 Maret 2020 - 12:19:06 WIB
Stok Blanko Terdampak Corona, Masyarakat Diberi Surat Keterangan Pengganti e-KTP Sukardi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Stok blanko e-KTP untuk wilayah Kabupaten Pasaman, terpantau habis akibat terkendala penjemputannya ke pihak kementerian terkait di Jakarta.

"Pasca merebaknya isu virus covid-19 atau corona di Indonesia, sejumlah perjalanan dinas memang harus kami batalkan terutama bagi daerah tujuan yang sedang siaga menghadapi penyebaran virus tersebut seperti Jakarta," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, Sukardi, di Lubuksikaping, Selasa(24/03).

Hal tersebut, merupakan instruksi langsung dari pemerintah pusat yang ditindaklanjuti oleh seluruh unsur kementerian dan dinas terkait lainnya, termasuk membatasi sistem pelayanan dengan mengutamakan kebutuhan dokumen catatan sipil diberikan kepada masyarakat yang memerlukan untuk penggunaan bersifat penting seperti untuk mendapatkan layanan medis dan sejenisnya.

Untuk pelayanan di institusinya, Sukardi mengungkapkan untuk sementara pelayanan langsung ditiadakan dan bagi yang kebutuhan mendesak hanya diberikan surat keterangan pengganti e-KTP.

"Sementara untuk kebutuhan kelengkapan dokumen terkait pernikahan, masyarakat yang bersangkutan cukup datang ke Kantor Urusan Agama (KUA) dan dokumen catatan sipil yang diperlukan akan diurus dan diterbitkan sesuai data yang dilampirkan pihak KUA," jelasnya.

Terkait upaya memenuhi kebutuhan blanko tersebut, pihaknya masih menunggu instruksi selanjutnya dari pihak kementerian terkait.

"Pada kesempatan ini kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin mengurus dokumen catatan sipil agar menunda dulu niatnya hingga sudah ada pengumuman resmi pelayanan sudah diaktifkan kembali dalam kondisi normal," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang masyarakat yang sudah terlanjur datang ke kantor pelayanan catatan sipil setempat, Rahmudin (21), mengaku puas dengan layanan yang diberikan meskipun dalam kondisi dibatasi.

"Pengajuan dokumen saya tetap diproses dan meskipun baru mendapatkan surat keterangan pengganti, dokumen tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk membuka rekening bank yang harus saya urus dalam waktu dekat ini," ungkapnya.

Pantauan harianhaluan.com, sejumlah pos pelayanan publik terpaksa dibatasi sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona di daerah itu.

Dikhawatirkan, jika kondisi tersebut berlangsung lebih lama lagi akan menimbulkan masalah baru di tengah-tengah masyarakat jika tidak ditangani baik oleh pihak pemerintah berbagai tingkatan.(*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : NOVA

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]