Bupati Pasaman Wajibkan SOPD Siapkan Cairan Antiseptik Pembersih Tangan


Selasa, 24 Maret 2020 - 12:34:07 WIB
Bupati Pasaman Wajibkan SOPD Siapkan Cairan Antiseptik Pembersih Tangan Bupati Pasaman, Yusuf Lubis cuci tangan difasilitas yang disiapk oleh Kantor Dinas Kominfo sebagai upaya pencegahan Covid-19.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mewajibkan seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di daerah itu, untuk menyiapkan fasilitas cuci tangan serta cairan pembersih tangan steril. Dia mengatakan, penyediaan cairan antiseptik untuk pembersih tangan ini penting. 

Terutama, dalam upaya membiasakan diri mencuci tangan, guna mencegah timbulnya suatu penyakit, khususnya wabah virus korona (Covid-19).
"Semua OPD mulai saat wajib wajib menyediakan cairan antiseptik dan tempat cuci tangan. Sebagaimana halnya telah dilakukan oleh Dinas Kominfo yang telah menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun," ujarnya. 

Dikatakannya, apa yang dilakukan oleh Dinas Kominfo patut dicontoh oleh semua OPD. Hal itu, kata dia, sebagai upaya preventif pencegahan penyebaran virus korona (Covid 19) yang kian merebak di Indonesia. "Apa yang telah diperbuat oleh Dinas Kominfo, agar ditindaklanjuti pula oleh OPD, Kantor Pelayanan Publik, Toko, Fasilitas Umum, Fasilitas Sosial serta masing-masing rumah warga," ujarnya. 

Masyarakat juga diminta tidak panik dan bertindak berlebihan dalam menanggapi penyebaran virus korona yang saat ini sudah mewabah disejumlah daerah di Indonesia. "Selain kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19, masyarakat jangan panik dan tidak memanfaatkan keadaan ini untuk mencari keuntungan pribadi," tukasnya. 

Dia pun mengingatkan, para pedagang dan pemilik apotek di daerah itu tidak mengambil keuntungan dengan menjual masker mahal-mahal. Sebab, laporan yang diterima terjadi lonjakan harga masker di daerah itu. "Harga tinggi, barang langka. Ini kami minta Polres Pasaman bersama Satpol PP agar melacak pedagang yang menaikkan harga masker secara tidak masuk akal. Termasuk, harga kebutuhan pokok," tegasnya. (*)

Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 April 2020 - 14:58:03 WIB

    Bupati Pasbar Serahkan Bantuan Pangan untuk 600 KK

    Bupati Pasbar Serahkan Bantuan Pangan untuk 600 KK PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM-- Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Yulianto serahkan bantuan Sosial Pangan, Program Sembako 2020 Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kepada 600 Kepala keluarga di Jorong Tanjung Beruang, Nagari Kaj.
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 18:37:57 WIB

    Bupati Pessel Apresiasi Tenaga Medis Tangkal Virus Corona

    Bupati Pessel Apresiasi Tenaga Medis Tangkal Virus Corona PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengapresiasi upaya tenaga medis serta relawan yang bekerja secara maksimal di daerah setempat guna meminimalisir paparan virus corona atau COVID-19..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 18:17:36 WIB

    Bupati 50 Kota: Posko Penanganan Corona di Perbatasan Itu Kewenangan Provinsi

    Bupati 50 Kota: Posko Penanganan Corona di Perbatasan Itu Kewenangan Provinsi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUN.COM -- Pro kontra terhadap adanya penghentian pengoperasian posko penanganan Covid-19 di perbatasan Sumbar-Riau, mendapat tanggapan langsung dari Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi..
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 20:03:11 WIB

    Wabah Corona, Bupati Dharmasraya Rumahkan Siswa Selama 14 Hari

    Wabah Corona, Bupati Dharmasraya Rumahkan Siswa Selama 14 Hari DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Akhirnya Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memutuskan untuk merumahkan anak-anak sekolah dengan instruksi bupati No 425.1/519/disdik-2020, mulai 20 Maret hingga 02 April 2020. Ha.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 15:27:08 WIB

    Cegah Virus Corona, Bupati Pessel Serukan Agar Tak Ada Kegiatan Keramaian

    Cegah Virus Corona, Bupati Pessel Serukan Agar Tak Ada Kegiatan Keramaian PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Langkah kongkrit dan upaya pencegahan Covid-19 terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Bahkan, Bupati Pessel, Hendrajoni menyerukan kepada seluruh pejabat dan masyarakat di daera.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM