Gubernur Sumbar Siap Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas untuk Penanganan Corona


Selasa, 24 Maret 2020 - 13:35:34 WIB
Gubernur Sumbar Siap Pangkas Anggaran Perjalanan Dinas untuk Penanganan Corona Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat telecomference pengarahan Presiden terkait Percepatan Penanganan Virus Corona di Ruang Kerja Gubernur lantai II kantor gubernur, Selasa (24/3/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, bahwa Presiden Joko Widodo melakukan video conference terkait pencegahan pe?nyebaran Virus Corona atau Covid-19 bersama seluruh Gubernur dan semua Kementerian. Saat video conference, Irwan juga didampingi Wakil Gubernur Sumbar dan Kapolda Sumbar.

"Jadi intinya pak Presiden menanyakan bagaimana keadaan daerah masing-masing, dan setelah kami mendengar dari semua gubernur yang memberi komentar itu situasinya hampir sama dengan kita di Sumatera Barat. Contoh, dulu mengenai persoalan Alat Pelindung Diri (APD), masker, persoalan rapid tes yang belum sampai, dan kekurangan thermo gun juga," kata Irwan usai telecomference pengarahan Presiden terkait Percepatan Penanganan Virus Corona di Ruang Kerja Gubernur lantai II kantor gubernur, Selasa (24/3/2020).

Kekurangan ini, kata Irwan, tengah diupayakan untuk mempercepat produksi dalam negeri. Begitu juga, Kementerian Perindustrian akan memacu pabrik-pabrik tekstil yang ada di Indonesia yang selama ini diberdayakan sebagai ekspor kedepan akan ditahan untuk produksi dalam negeri.

"Maka jika kebutuhan ini terpenuhi akan bisa dikirim ke negara lain, untuk kebutuhan-kebutuhan APD dan kebutuhan lain sebagainya," kata Irwan.

Maka dari itu pula, sebut Irwan, Presiden terus memberi arahan setiap kebijakan yang diambil di daerah harus mengukur yang berdampak seperti, ekonomi, sosial dan sebagainya.

"Kemudian dampak itu kita harus leluasa dengan inpres (instruksi presiden) untuk menggunakan uang dengan istilah real foccusing dan real location. Sehingga dana tersebut bisa digunakan untuk Covid-19. Seperti membeli kebutuhan APD, serta pengamanan sosial," ujar Irwan.

Masih kata Irwan, dari rapat yang telah dilakukan bersama Sekda dan Wagub. Pihaknya sepakat menyisihkan dana untuk mengadakan jaringan pengamanan sosial dari DAK, anggaran fisik, pergeseran, hingga dana tak terduga.

"Beberapa perjalanan dinas dan sebagainya bisa dikurangi karena perintah Presiden. Ini untuk menyiapkan anggaran dalam menuntaskan Covid-19, maka juga disiapkan dengan menggunakan dana tersebut," ulas Irwan.

Tak hanya itu, tambah Irwan, untuk pengusaha-pengusaha UMKM, pedagang, serta seluruh guru juga akan disiapkan dana untuk membantu mereka. Format dan pendataannya nanti akan segera dipersiapkan.

"Karena dampak yang muncul (dari covid-19, red) tentu perlu kita selesai walaupun konsekuensinya dengan menggunakan anggaran yang terbatas dari APBD kita," pungkasnya. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]