Bocah Perempuan 13 Tahun Meninggal Akibat Virus Corona


Selasa, 24 Maret 2020 - 14:37:53 WIB
Bocah Perempuan 13 Tahun Meninggal Akibat Virus Corona Ilustrasi

PANAMA CITY, HARIANHALUAN.COM - Seorang bocah perempuan berusia 13 tahun di Panama dilaporkan meninggal dunia setelah terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Total lima orang meninggal dunia akibat virus Corona di negara Amerika Selatan ini.

Seperti dilansir CNN dan Al-Jazeera, Selasa (24/3/2020), bocah perempuan ini sedang dirawat di sebuah rumah sakit anak di Panama saat dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (22/3) waktu setempat. Otoritas kesehatan Panama mengonfirmasi meninggalnya bocah perempuan ini akibat virus Corona.

"Kematiannya diberitahukan kepada sistem epidemiologi (Kementerian Kesehatan), setelah Institut Memorial Gorgas melakukan pemeriksaan yang teliti dan menetapkan bahwa kematian itu adalah akibat komplikasi pernapasan karena COVID-19," demikian pernyataan otoritas kesehatan Panama.

Tidak ada informasi lebih lanjut soal bocah perempuan yang meninggal dunia ini.

Otoritas kesehatan Panama dalam pernyataannya menyebut bocah 13 tahun itu dan seorang kakek berusia 92 tahun menjadi dua korban meninggal terbaru akibat virus Corona di negara tersebut. Disebutkan bahwa kakek 92 tahun itu juga meninggal dunia pada Minggu (22/3) waktu setempat.

Sejauh ini, menurut otoritas kesehatan Panama, sudah lima orang meninggal dunia akibat virus Corona di negara ini. Jumlah total kasus virus Corona di Panama sejauh ini mencapai 313 kasus, setelah otoritas setempat melaporkan 68 kasus baru dalam sehari.

Direktur Epidemiologi Nasional Panama, Lourdes Moreno, menuturkan kepada wartawan bahwa lebih dari 8 individu dari 10 individu yang positif virus Corona kini ada dalam karantina rumah.

Diketahui bahwa virus Corona secara luas dipandang sebagai ancaman bagi warga lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan kondisi kesehatan kronis. Hanya ada satu kematian pasien di bawah usia 20 tahun yang tercatat di China pada Februari lalu. Tidak ada laporan kematian anak-anak di bawah usia 10 tahun akibat virus Corona.

Namun kasus meninggalnya bocah 13 tahun di Panama dan seorang bocah berusia 12 tahun yang menjadi pasien virus Corona dan dibantu ventilator di Georgia, Amerika Serikat (AS) memicu kewaspadaan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pekan lalu merilis statistik yang menunjukkan 38 persen pasien virus Corona yang dirawat di rumah sakit berusia antara 20-54 tahun. Menurut data CDC, sekitar 80 persen jumlah korban meninggal akibat virus Corona di AS berusia 65 tahun ke atas. Nyaris 44 ribu orang positif virus Corona di AS, dengan 557 orang meninggal dunia.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM