Daftar Mal yang Tutup Karena Corona


Selasa, 24 Maret 2020 - 15:32:53 WIB
Daftar Mal yang Tutup Karena Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah mal atau pusat perbelanjaan di Indonesia, terutama wilayah DKI Jakarta, memutuskan menutup sementara kegiatan operasional atau pun sebagian untuk menyetop jumlah penyebaran virus corona (covid-19).

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan belum dapat memastikan berapa banyak pusat perbelanjaan yang bakal ditutup. Ia mengaku masih mengkaji seluruh data anggota dan menyiapkan langkah ke depan.

"Kami terus update datanya, dan juga kami lihat bergantung dari hari ini sampai ke depan bagaimana sih posisinya? Apa akan semakin banyak (penyebaran virus) atau bagaimana? Kami sibuk membicarakan bagaimana mengatasi situasi ini," imbuh dia, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (24/3).

Di Jakarta, Stefanus mengaku penjualan pusat perbelanjaan sudah berkurang sekitar 70 persen akibat virus tersebut.

Namun, beberapa pusat perbelanjaan akan tetap membuka supermarket dan gerai farmasi, meski aktivitas mal dihentikan sementara waktu.

"Belum tahu. Nggak ada data resminya, belom ada dari kami. Saat ini, Summarecon sudah, Plaza Indonesia sudah, Grup Agung Podomoro Grup juga sudah menutup di sebagian besar mal-nya, Lippo Mall juga. Cuma, walaupun ditutup ada supermarket yang tetap masih dibuka, farmasi tetap buka," terang Stefanus.

Berikut adalah daftar beberapa pusat perbelanjaan di DKI Jakarta yang ditutup sementara, termasuk pusat belanja yang menutup sebagian gerainya.

Plaza Indonesia

Manajemen PT Plaza Indonesia Realty Tbk memutuskan menutup sementara Plaza Indonesia selama 10 hari, mulai 25 Maret 2020 hingga 3 April 2020 karena wabah virus corona.

General Manager Tenant Comm Relations Customer Service & SQA Stella Kohdong mengatakan manajemen menutup sementara Plaza Indonesia demi mencegah penyebaran wabah tersebut.

"Kami sepenuhnya mendukung upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona dan menganjurkan karyawan untuk tinggal di rumah," ucap Stella dalam keterangan resmi, dikutip Senin (23/3) kemarin.

Kendati begitu, beberapa toko di lantai basement tetap dibuka dan bisa melayani pengunjung. Hal ini sengaja dilakukan karena mayoritas merupakan toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari.

Manajemen memastikan toko yang melayani kebutuhan dasar, seperti The Food Hall Supermarket, Guardian, GNC, Century & Natural Farm, Maybank, money changer, semua ATM akan tetap beroperasi.

Namun, jam operasional akan dibatasi hanya enam jam. Toko yang buka hanya beroperasi dari pukul 11.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Lippo Mall Puri

Selain Plaza Indonesia, manajemen Lippo Mall Puri juga akan menutup sementara beberapa toko di pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jakarta Barat itu beberapa hari ke depan.

Vice President Head of Corporate Communications PT Lippo Karawaci Tbk Danang Kemayan Jati menyatakan penutupan akan berlangsung mulai 25 Maret 2020 sampai 5 April 2020.

Berdasarkan akun instargram @yourlippomallpuri, manajemen memutuskan untuk menutup sementara 13 gerai terutama pusat hiburan, yakni XXI, Kidzoona, Miniapolis, Timezone, Element Family Fun, Wonderkids, serta pusat kebugaran yakni Gold's Gym, Fitness First, Reflexology, Nest Spa, Tropica Land, Nano Reflexology dan Minizoo Ride.

Summarecon Mall Kelapa Gading

Manajemen Summarecon Mall Kelapa Gading, yakni PT Summarecon Agung Tbk juga memutuskan untuk menutup sementara operasional pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jakarta Pusat untuk menghindari penyebaran virus corona (Covid-19).

Penghentian operasional pusat belanja akan berlaku selama 9 hari, dimulai pada 25 Maret hingga 7 April.

Informasi tersebut tercantum dalam surat pemberitahuan manajemen. Surat tertanggal 24 Maret itu, ditujukan kepada para penyewa tenant Summarecon Mall Kelapa Gading.

"Sebagai upaya untuk memutus rantai penularan virus tersebut, maka kami akan melakukan penutupan sementara Summarecon Mall Kelapa Gading mulai tanggal 25 Maret-7 April 2020," tulis Center Director Summarecon Mall Kelapa Gading Willy Effendy.

Namun demikian, tenant yang melayani kebutuhan pokok masyarakat diharapkan tetap buka, yakni supermarket dan toko farmasi. Jam operasional untuk tenant tersebut, yakni pukul 11.00-18.00 WIB.

Rencananya, Summarecon Mall Kelapa Gading kembali beroperasi pada Rabu, 8 April 2020.

Senayan City

Berdasarkan informasi dari akun instagram @senayancity , manajemen Senayan City menutup lima gerai dari 23 Maret hingga 5 April 2020.

Pusat belanja yang berlokasi di Jakarta Pusat itu menutup sementara operasi dari gerai XXI, Meiso Reflexology, Q Billiard, Lollipop's Playland and Cafe serta Rabbithole KTV & Lounge.

Central Park

Central Park juga memutuskan untuk menutup sementara beberapa gerainya mulai 23 Maret hingga 5 April 2020 berdasarkan informasi yang diunggah di akun instagram @centralparkmall.

Dari informasi tersebut, terdapat 5 gerai di Central Park yang ditutup sementara, yakni CGV, RISE, Inul Vista Family KTV, Fun World, dan Zen O Reflexology.(*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]