Erick Thohir Bocorkan 3 BUMN Bakal Merugi Karena Corona


Selasa, 24 Maret 2020 - 15:41:47 WIB
Erick Thohir Bocorkan 3 BUMN Bakal Merugi Karena Corona Erick Thohir

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membocorkan tiga perusahaan pelat merah yang berpotensi terkena dampak besar oleh penyebaran wabah virus corona belakangan ini. Tiga BUMN tersebut adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Tbk, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Tbk.

Atas dampak besar itulah, ia meminta BUMN siap merugi. Pasalnya, selain mengalami tekanan kinerja, BUMN juga mempunyai tanggung jawab pelayanan masyarakat dalam penyebaran wabah virus corona. 

"Saat ini BUMN seperti Angkasa Pura, PT KAI dan sebagainya harus siap rugi, kan harus melayani masyarakat," ucap Erick, Selasa (24/3).

Meskipun demikian, Erick mengaku tak mau gegabah dalam mengkaji kerugian yang diakibatkan oleh virus tersebut. Pasalnya, virus telah berdampak pada penurunan volume penggunaan jasa layanan transportasi dari beberapa BUMN tersebut.

Ia mengatakan meski tertekan, BUMN tersebut harus tetap memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. 

Keringanan Bunga Kredit

Salah satu layanan masyarakat yang perlu dimaksimalkan adalah pemberian keringanan bunga kredit.

Erick mengatakan bank BUMN, seperti Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Tabungan Negara (PTN) dituntut untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat baik lewat pelayanan transaksi harian mau pun bantuan keringanan bunga dan kredit.

Agar keringanan tersebut bisa diberikan, ia telah menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. "Kalau stimulus besar kan kebijakan di Kemenkeu, enggak bisa parsial, yang pasti BUMN diminta turunkan bunga UKM, sudah tulis surat dan tebusan ke Menkeu, sudah ada skemanya," kata dia.

Erick menyebut pemberian stimulus industri lainnya yang terkena langsung dampak virus corona seperti perhotelan dan restoran telah didiskusikan pada Sabtu (21/3) dan tengah menunggu keputusan pemerintah.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 07:09:21 WIB

    Makin Mantap.. ! Erick Thohir Targetkan Holding BUMN Rumah Sakit Raup Rp10 T

    Makin Mantap.. ! Erick Thohir Targetkan Holding BUMN Rumah Sakit Raup Rp10 T JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan pembentukan perusahaan induk (holding) rumah sakit (RS) pelat merah dapat meningkatkan pendapatan ke kisaran Rp8 triliun hingga.
  • Senin, 30 Desember 2019 - 19:55:31 WIB

    Giliran Pelni 'Diacak-acak' Erick Thohir, Ini Susunan Direksi yang Baru

    Giliran Pelni 'Diacak-acak' Erick Thohir, Ini Susunan Direksi yang Baru JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Ony Suprihartono sebagai Direktur Keuangan dan Masrul Khalimi sebagai Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut baru PT Pelayaran N.
  • Kamis, 19 Desember 2019 - 13:24:16 WIB

    Dirombak Erick Thohir! Inilah Direksi dan Komisaris Baru PT Antam

    Dirombak Erick Thohir! Inilah Direksi dan Komisaris Baru PT Antam JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), memutuskan terdapat satu komisaris dan tiga direksi PT Antam yang dirombak Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ..
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 12:04:41 WIB

    Erick Thohir Tunjuk Arcandra Tahar Jadi Komisaris Utama PGN

    Erick Thohir Tunjuk Arcandra Tahar Jadi Komisaris Utama PGN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bahwa mantan wakil menteri ESDM Arcandra Tahar akan duduk sebagai komisaris utama di PT PGN Tbk..
  • Ahad, 15 Desember 2019 - 09:00:05 WIB

    Erick Thohir Cari Milenial untuk Pimpin BUMN?

    Erick Thohir Cari Milenial untuk Pimpin BUMN? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin generasi muda milenial memiliki kompetensi yang memadai agar mampu menjadi unsur pimpinan di perusahaan BUMN. Dalam Milenial Fest di Jakar.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM