Awas! Perumda Air Minum Kota Padang Bakal Tertibkan Pelanggan Nakal


Selasa, 24 Maret 2020 - 18:07:28 WIB
Awas! Perumda Air Minum Kota Padang Bakal Tertibkan Pelanggan Nakal Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Febrizal. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang akan menertibkan pelanggan nakal yang menunggak pembayaran air berbulan-bulan. Pasalnya, persoalan tunggakan kerap menyelimuti kondisi perusahaan tersebut.

"Kita akan menindaklanjuti pelanggan-pelanggan nakal. Karena banyak pelanggan yang menunggak pembayaran air," kata Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal kepada awak media, Selasa (24/3/2020).

Dalam menindaklanjuti ini, kata Hendra, pihaknya melakukan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Padang. Penertiban itu juga diberlaku kepada APH (Alat Penegak Hukum) nakal yang tidak melakukan pembayaran air.

"Itu akan kita tindak, melalui Kejari akan menyurati pelanggan-pelanggan nakal tersebut. Kita berharap tidak ke ranah pidana, tapi kalau itu harus maka akan kita laksanakan sebagai efek jera," ujar Hendra.

Hendra menjelaskan, bahwa saat itu juga pernah dilakukan kerjasama dengan Kejari namun hanya fokus terhadap menertiban pelanggan nakal saja. Tapi kini diperluas kepada pengamanan aset, serta menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Perumda Air Minum.

"Dulu hanya sebatas menertibkan pelanggan nakal. Tapi sekarang kita merambah ke pengaman aset, termasuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Perumda maka Kejaksaan yang jadi pengacaranya, kita minta Kejaksaan jadi pendamping," sebut Hendra.

Dengan adanya kerjasama ini, Hendra menilai, cukup efektif untuk membuat pelanggan cemas. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pelanggan nakal yang mendatangi Kejaksaan untuk melakukan penulasan pembayaran air.

"Nah, setelah mereka melakukan pembayaran, lalu diserahkan bukti kepada kita bahwa mereka telah melakukan pembayaran," ulas Hendra.

Terkait pelunasan pembayaran air oleh pelanggan nakal, Hendra menyebut, sudah mencapai 100 persen. Namun setiap bulannya efisiensi penagihan Perumda Air Padang sekitar 75-80 persen. Hal ini yang akan digenjot agar efisiensi penagihan bisa meningkat.

"Jadi masih ada 20 persen yang nakal. Maksudnya nakal ini karena ada toleransi seperti menunggak dua bulan berturut-turut," imbuh Hendra. (*)

Reporter : Milna /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 22:28:44 WIB

    Awas! Masyarakat Padang Keluar Malam Diintai Satpol PP

    Awas! Masyarakat Padang Keluar Malam Diintai Satpol PP PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satpol PP Padang terus meningkatkan pelayanan dalam rangka menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, termasuk melakukan pengawasan dalam penerapan instruksi Wali Kota guna pencegahan Covi.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 22:11:20 WIB

    Awas! Lebaran Makin Dekat, Kejahatan Makin Meningkat

    Awas! Lebaran Makin Dekat, Kejahatan Makin Meningkat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah,  aksi kriminalitas semakin meningkat sehingga  membuat masyarakat resah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM