Benarkah Herd Immunity Perlambat Pandemi Corona? Ini Penjelasannya


Selasa, 24 Maret 2020 - 21:37:43 WIB
Benarkah Herd Immunity Perlambat Pandemi Corona? Ini Penjelasannya Ilustrasi virus corona atau Covid-19. REUTERS

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Status pandemi virus coronamembuat Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengimbau agar menerapkan herd immunity.

Mendukung ide tersebut, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dalam sebuah acara televisi pun mengatakan bahwa herd immunity mungkin adalah cara yang efektif untuk memperlambat pandemi corona. Lalu, apa herd immunity itu?

Melansir dari Tempo, Selasa (24/3/2020), herd immunity adalah seruan agar masyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Memang hal tersebut bisa meningkatkan risiko untuk tertular bakteri lebih cepat. Namun tujuannya adalah membuat orang sakit sehingga pada akhirnya mereka justru kebal dengan penyakit tersebut.

Ide ini menuai banyak kontroversi. Alasannya herd immunity kemungkinan bisa membuat miliaran orang terinfeksi virus corona. Ide ini pun diperkirakan dapat meningkatkan risiko kematian. Namun beberapa percobaan nyata telah membuktikan keefektifan herd immunity. Salah satunya adalah wabah penyakit zika di Brazil pada tahun 2015.

Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk itu menyebabkan keresahan karena bisa menciptakan kecacatan pada bayi hingga merenggut nyawa. Namun dua tahun setelahnya, penyakit itu tidak lagi menjadi masalah karena berdasarkan penelitian yang dilakukan lewat sampel darah, ditemukan 63 persen populasi sudah pernah terpapar zika. Para peneliti berspekulasi bahwa kekebalan kawanan telah memecahkan wabah itu.

Memang, ahli penyakit infeksi dari University of Maryland Myron Levine mengatakan bahwa agar seseorang kebal dalam sebuah penyakit, mereka harus terlebih dahulu terinfeksi.

"Karena sistem kekebalan tubuh mereka sudah mengenal struktur bakteri sehingga akan menciptakan antibodi untuk mengalahkannya,” katanya.

Kalau menurut Anda, setujukah bila herd immunity diterapkan saat pandemi corona ini? (*)

 Sumber : Tempo /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM