Cegah Corona, Dokter Larang Cipika Cipiki saat Pulang Kerja


Selasa, 24 Maret 2020 - 21:47:09 WIB
Cegah Corona, Dokter Larang Cipika Cipiki saat Pulang Kerja Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker. Foto: Freepik/freepik

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Salah satu cara penting yang harus dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus corona atau COVID-19 adalah dengan mengubah kebiasaan kita.

Dikutip dari Viva.co.id, Selasa (24/3/2020), kebanyakan orang Indonesia, ketika pulang beraktivitas tidak langsung membersihkan diri, melainkan bermalas-malasan atau langsung berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya. 

Hal inilah yang akhirnya menularkan virus corona yang ada di dalam diri kita ke anggota keluarga yang lain, karena kita dapat menjadi carrier bagi orang lain.

Meski Kamu masih berusia muda, inilah yang menjadi biang masalah. Karena sistem imun masih bagus, virus corona yang menempel di tubuh Kamu tidak menunjukkan gejala, yang akhirnya akan menularkan ke anggota keluarga lain, seperti orangtua, yang notabene berusia lebih tua dan lebih rentan terhadap virus ini. 

Hal itu juga turut disampaikan oleh dokter relawan sekaligus influencer, Dokter Tirta Mandira Hudi, saat menjadi bintang tamu di program Kabar Petang, tvOne. Menurut dia, usia muda bisa berakibat fatal sebagai pembawa virus yang berasal dari Wuhan, China itu. 

"Jadi ketika kita usia muda, sebenarnya kita bawa corona. Cuma karena imun kita kuat, itu asimtomatik. Jadi tidak bergejala. Nah, makanya ketika Kamu pulang dari kerja, jangan langsung cipika cipiki sama anak, jangan langsung bercanda sama orangtua. Langsung ke WC cuci tangan, baru kita bisa peluk-peluk," ujarnya di tvOne, Selasa, 24 Maret 2020. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 06:49:47 WIB

    Mengenal Kanker Tenggorokan: Gejala, Jenis, hingga Cara Mencegah

    Mengenal Kanker Tenggorokan: Gejala, Jenis, hingga Cara Mencegah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kanker tenggorokan adalah tumor ganas yang berkembang di tenggorokan (faring), kotak suara (laring) atau amandel. Tenggorokan sendiri merupakan tabung berotot yang dimulai dari belakang hidung hin.
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 21:42:12 WIB

    Obat Corona Tak Dibenarkan Diminum untuk Pencegahan!

    Obat Corona Tak Dibenarkan Diminum untuk Pencegahan! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Juru bicara untuk Satuan Tugas Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengimbau masyarakat untuk tidak menyimpan dan mengkonsumsi obat yang dinilai bisa menyembuhkan corona atau covid-19..
  • Ahad, 22 Maret 2020 - 19:18:23 WIB

    Yuk Buat Cairan Desinfektan Sendiri untuk Pencegahan Virus Corona

    Yuk Buat Cairan Desinfektan Sendiri untuk Pencegahan Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penyebaran virus corona atau COVID-19 yang hingga kini belum bisa dikendalikan membuat banyak orang kini ekstra menjaga kebersihan. Tak hanya kebersihan tubuh, termasuk benda-benda yang digunakan h.
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 17:02:19 WIB

    Cara Cegah Penularan Virus Corona Saat Bayar Tunai di SPBU

    Cara Cegah Penularan Virus Corona Saat Bayar Tunai di SPBU JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebagian besar transaksi saat pengisian bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Umum (SPBU) menggunakan uang tunai yang berisiko terjadi penularan virus corona (Covid-19). Risiko itu bisa dikurangi .
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 06:57:09 WIB

    Efektifkah Masker Kain Cegah Virus Corona?

    Efektifkah Masker Kain Cegah Virus Corona? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Saat berada di ruang publik, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan masker untuk mencegah penularan virus corona. Namun masalahnya masker hijau atau masker bedah, langka dibeli atau bahkan hargan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM