Usai Korona PHK Diprediksi Meningkat, Ini Program untuk Mengatasinya


Rabu, 25 Maret 2020 - 13:34:50 WIB
Usai Korona PHK Diprediksi Meningkat, Ini Program untuk Mengatasinya ilustrasi PHK

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah menyiapkan beberapa lapisan program untuk mengatasi badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang mungkin terjadi imbas dari wabah COVID-19. Selain Kartu Pra Kerja, ada juga program penanganan PHK dari BP Jamsostek. 

Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono Moegiarso menerangkan program BP Jamsostek yang dimaksud untuk mengatasi pekerja yang terkena PHK pada sektor formal.

"Pekerja yang terkena PHK pada sektor formal yang ikut dalam kepesertaan BP Jamsostek, Pemerintah juga menyiapkan skema bagi mereka yang ter-PHK yaitu melalui pembiayaan dari BP Jamsostek berupa bantuan pelatihan," ujarnya seperti dilansir detikcom, Rabu (25/3/2020).

Para pekerja formal yang merupakan peserta BP Jamsostek dan terkena PHK akan mendapatkan bantuan pelatihan kerja untuk menjadi bekal mencari kerja kembali. Selain pelatihan, program ini juga menyiapkan insentif sebesar Rp 1 juta per bulan selama 3 bulan. Selain itu ada juga biaya pelatihan.

"Insentif yang diberikan selama 3 bulan, dengan total insentif Rp 3 juta, dan biaya pelatihan Rp 2 juta," tambahnya.

Sementara untuk Kartu Pra Kerja selain diberikan pelatihan, peserta akan mendapatkan biaya transportasi tetap Rp 650 ribu yang terdiri dari Rp 500 ribu murni didapat selama menjalankan pelatihan tiga bulan, dan Rp 150 ribu merupakan tambahan setelah menjalankan survei evaluasi program Kartu Pra Kerja. 

Namun selama masa darurat korona, pemerintah menambah insentif. Para peserta akan mendapatkan honor atau gaji Rp 1 juta setiap bulan selama 3 bulan. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 13:48:40 WIB

    Diluncurkan Usai Jalan Sehat 58 Tahun Bank Nagari, Gubernur Sumbar Dukung QRIS Bank Nagari

    Diluncurkan Usai Jalan Sehat 58 Tahun Bank Nagari, Gubernur Sumbar Dukung QRIS Bank Nagari PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat mendukung peluncuran program terbaru Bank Nagari, transaksi non tunai yang berbasis digital QRIS. "Ini merupakan penerapan QRIS yang pertama di Sumatera, dan me.
  • Senin, 02 Maret 2020 - 13:52:14 WIB

    Rupiah Babak Belur usai Pengumuman Corona Positif Masuk RI

    Rupiah Babak Belur usai Pengumuman Corona Positif Masuk RI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat semakin anjlok setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan positifnya wabah virus Corona masuk ke Indonesia. Di pasar spot, rupiah telah menyentuh Rp1.
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 10:56:51 WIB

    Nasib Calon Jemaah Gimana Usai Arab Saudi Setop Umrah?

    Nasib Calon Jemaah Gimana Usai Arab Saudi Setop Umrah? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya, termasuk Indonesia. Menurut Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umroh dan Haji (SAPUHI) Syam .
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 07:11:33 WIB

    Usai Indosat, Kini Giliran HSBC PHK 35 Ribu Karyawan

    Usai Indosat, Kini Giliran HSBC PHK 35 Ribu Karyawan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- HSBC akan merombak bisnis perusahaan besar-besaran. Perombakan yang dilakukan termasuk menempuh langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 35 ribu karyawannya dalam tiga tahun ke depan..
  • Senin, 18 November 2019 - 10:04:49 WIB

    Usai Ahok, Erick Thohir Panggil Mantan Petinggi KPK ke Kantornya

    Usai Ahok, Erick Thohir Panggil Mantan Petinggi KPK ke Kantornya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra Hamzah mendatangi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pagi ini, Senin (18/11/2019)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM