Usai Korona PHK Diprediksi Meningkat, Ini Program untuk Mengatasinya


Rabu, 25 Maret 2020 - 13:34:50 WIB
Usai Korona PHK Diprediksi Meningkat, Ini Program untuk Mengatasinya ilustrasi PHK

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah menyiapkan beberapa lapisan program untuk mengatasi badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang mungkin terjadi imbas dari wabah COVID-19. Selain Kartu Pra Kerja, ada juga program penanganan PHK dari BP Jamsostek. 

Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono Moegiarso menerangkan program BP Jamsostek yang dimaksud untuk mengatasi pekerja yang terkena PHK pada sektor formal.

"Pekerja yang terkena PHK pada sektor formal yang ikut dalam kepesertaan BP Jamsostek, Pemerintah juga menyiapkan skema bagi mereka yang ter-PHK yaitu melalui pembiayaan dari BP Jamsostek berupa bantuan pelatihan," ujarnya seperti dilansir detikcom, Rabu (25/3/2020).

Para pekerja formal yang merupakan peserta BP Jamsostek dan terkena PHK akan mendapatkan bantuan pelatihan kerja untuk menjadi bekal mencari kerja kembali. Selain pelatihan, program ini juga menyiapkan insentif sebesar Rp 1 juta per bulan selama 3 bulan. Selain itu ada juga biaya pelatihan.

"Insentif yang diberikan selama 3 bulan, dengan total insentif Rp 3 juta, dan biaya pelatihan Rp 2 juta," tambahnya.

Sementara untuk Kartu Pra Kerja selain diberikan pelatihan, peserta akan mendapatkan biaya transportasi tetap Rp 650 ribu yang terdiri dari Rp 500 ribu murni didapat selama menjalankan pelatihan tiga bulan, dan Rp 150 ribu merupakan tambahan setelah menjalankan survei evaluasi program Kartu Pra Kerja. 

Namun selama masa darurat korona, pemerintah menambah insentif. Para peserta akan mendapatkan honor atau gaji Rp 1 juta setiap bulan selama 3 bulan. (*)

loading...
 Sumber : Detik.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 20 Juli 2020 - 10:00:01 WIB

    Usai Meroket, Harga Emas Antam Hari Ini Rp 898.120/gram

    Usai Meroket, Harga Emas Antam Hari Ini Rp 898.120/gram HARIANHALUAN.COM - Harga emas Antam hari ini, Senin (20/7/2020) tidak berubah di Rp 898.120/gram setelah mengalami kenaikan pada hari Sabtu kemarin yang terdorong oleh melonjaknya harga emas dunia di pasar spot..
  • Senin, 01 Juni 2020 - 22:48:38 WIB

    Kerusuhan di AS Tak Kunjung Usai, Benarkah Berdampak ke Pasar Saham?

    Kerusuhan di AS Tak Kunjung Usai, Benarkah Berdampak ke Pasar Saham? HARIANHALUAN.COM - Protes yang berujung kerusuhan terjadi di Amerika Serikat (AS). Kondisi ini diharapkan tidak terjadi dalam waktu yang lama pasalnya dikhawatirkan dapat mengganggu perekonomian AS..
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 18:13:23 WIB

    Usai Lebaran, Harga Ayam Potong di Padang Merangkak Naik

    Usai Lebaran, Harga Ayam Potong di Padang Merangkak Naik HARIANHALUAN.COM -- Tingginya permintaan masyarakat terhadap ayam potong usai Lebaran membuat harga komiditas tersebut mengalami kenaikan. Menurut salah satu pedagang, Iwan kenaikan harga selalu terjadi setiap tahun, apalagi .
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 23:22:54 WIB

    Usai Lebaran, Pasar Keuangan RI Harus Waspadai Ini

    Usai Lebaran, Pasar Keuangan RI Harus Waspadai Ini HARIANHALUAN.COM - Pasar keuangan dalam negeri kompak pada pekan ini, dalam tiga hari perdagangan menjelang libur Hari Raya Idul Fitri. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) membukukan penguatan 0,85%, rupiah lebih dari 1%, seme.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 13:23:08 WIB

    Usai Viral di Medsos, Kue Lebaran yang Dijual Driver Ojol Ini Laris Manis

    Usai Viral di Medsos, Kue Lebaran yang Dijual Driver Ojol Ini Laris Manis JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dapat puluhan orderan kue lebaran, Oka (32) bantu ekonomi rekan dan saudaranya yang turut terdampak Covid-19. Oka merupakan satu diantara pekerja harian di salah satu hotel bintang lima yang ada d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]