Acara Pernikahan Dilarang tapi Undangan Sudah Disebar, Bagaimana Mensiasatinya?


Rabu, 25 Maret 2020 - 13:54:17 WIB
Acara Pernikahan Dilarang tapi Undangan Sudah Disebar, Bagaimana Mensiasatinya? ilustrasi pernikahan

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Mengingat adanya sanksi pidana yang diberlakukan, apakah benar pernikahan dilarang sama sekali saat Indonesia menghadapi masa tanggap darurat korona? Bagaimana dengan pihak keluarga dan calon pengantin yang sudah menyebarkan undangan jauh-jauh hari sebelum pandemi terjadi? Apakah akad benar-benar tidak boleh dilangsungkan? Apakah masyarakat sama sekali tidak boleh berkumpul, makan-makan, atau mengadakan selamatan?

Untuk menjawab semua pertanyaan yang tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) mengeluarkan panduan bagaimana cara mengadakan pernikahan saat pandemi Covid-19 ini terjadi. Bisa dilihat di postingan akun Twitter Kemenag RI @Kemenag_RI, beberapa hari yang lalu. Di akun tersebut dijelaskan bahwa prosesi akad nikah sebenarnya boleh dilangsungkan.

Jika masyarakat ingin mengadakan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, maka Kemenag membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad dalam satu ruangan tidak lebih dari 10 orang. Sementara, jika akad dilangsungkan di luar KUA, maka Kemenag mengharuskan ruangan prosesi di tempat terbuka atau di ruangan yang berventilasi sehat. 

Jika di dalam ruangan, maka jumlah orangnya pun tidak lebih dari 10 orang. Baik di dalam di luar KUA, calon pengantin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi harus telah membasuh tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta menggunakan masker. Selain itu, petugas, wali nikah, dan calon pengantin laki-laki diharuskan menggunakan sarung tangan dan masker pada saat ijab Kabul. (*)

 Sumber : twitter Kemenag RI /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM